Selasa, 24 September 2024 16:47 WIB | Dibaca : 34
Diskominfo Kota Tangerang Lakukan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data Statistik di 104 Kelurahan
Diskominfo Kota Tangerang Lakukan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data Statistik di 104 Kelurahan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Kelurahan terkait Data Strategis dan Penyebarluasan Data yang diikuti pegawai Kecamatan Karawaci dan Kecamatan Tangerang, di Aula Kecamatan Tangerang, Selasa (24/9/24).

Diketahui, kegiatan ini diikuti para Kasi Tapem kecamatan dan kelurahan, serta operator atau admin website kecamatan dan kelurahan. Dengan narasumber dari Diskominfo Kota Tangerang dan BPS Kota Tangerang.

Kepala Bidang Statistik dan Pemberdayaan TIK Anton Riyanto menjelaskan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas statistik kecamatan dan kelurahan dalam menghasilkan data yang sesuai dan berkualitas. Selain itu, meningkatkan literasi statistik, standar statistik yang merata, optimalisasi data statistik dan menciptakan agen-agen statistik.

“Sehingga, pada akhirnya dapat terwujud atau terbangunnya tata kelola statistik di kelurahan yang sejalan dengan manajemen data yang baik untuk data statistik sektoral, untuk pengembangan atau pemaksimalan Satu Data Indonesia,” jelas Anton.

Lanjutnya, pada kesempatan ini, para peserta juga melakukan praktik atau pelatihan cara publikasi data di website kecamatan dan kelurahan, termasuk pembuatan infografis untuk ditayangkan pada laman websitenya masing-masing.

“Ini merupakan roadshow yang dilaksanakan di seluruh kelurahan dan kecamatan se-Kota Tangerang dan terbagi dalam lima batch atau kelompok. Hari ini, baru batch pertama untuk Kecamatan Karawaci dan Kecamatan Tangerang,” katanya.

“Selanjutnya pelatihan atau sosialiasi serupa akan berlangsung di Kecamatan Pinang, untuk peserta Kecamatan Pinang dan Kecamatan Cipondoh, pada 26 September mendatang,” tutup Anton.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!