Sabtu, 22 Oktober 2022 15:07 WIB | Dibaca : 742
Pendampingan Kesehatan, Puskesmas Cikokol Rutin Jalani Home Care Lansia
Pendampingan Kesehatan, Puskesmas Cikokol Rutin Jalani Home Care Lansia
Pendampingan Kesehatan, Puskesmas Cikokol Rutin Jalani Home Care Lansia

Sebagai salah satu bentuk pemerataan kesehatan masyarakat di wilayah kerja. Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang rutin menggelar pendampingan kesehatan lansia, melalui layanan Home Care Lansia, disetiap minggunya secara door to door.

Minggu ini, Home Care Lansia berlangsung di wilayah RT 01, RW 02, Kelurahan Cikokol, Sabtu (22/10/22). Kepala Puskesmas Cikokol, dr Achmad R Miftah menjelaskan setiap pasien atau lansia mendapat layanan Home Care Lansia setiap sebulan sekali.

"Layanan ini untuk lansia yang memang membutuhkan bantuan kesehatan, namun tidak bisa berkunjung ke Puskesmas langsung, karena terhambat kondisi kesehatan. Namun, kalau masih bisa berkunjung ke Puskesmas disarakan untuk bisa langsung datang saja," papar dr Achmad.

Ia menjelaskan, dalam Home Care Lansia petugas melalukan pemeriksaan tanda-tanda vital pada lansia. Seperti tekanan darah, nadi, suhu, pernafasan hingga pemeriksaan fisik terkait keluhan lansia tersebut.

Tak jarang, kata dr Achmad petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan laboratoirum sederhana bila diperlukan. "Seperti gula darah, asam urat hingga kolesterol. Secara obat-obatan juga disiapkan Puskesmas sesuai kebutuhan lansia tersebut," jelasnya.

Sementara itu, pasien-pasien lansia kata dr Achmad didapat dari informasi para ibu kader kesehatan di wilayah Puskesmas Cikokol. Tak sedikit juga informasi RT, RW hingga langsung permohonan dari keluarga lansia tersebut.

"Jika masyarakat di lingkup wilayah Puskesmas Cikokol ingin mendapat layanan Home Care Lansia bisa melakukan permohonan lewat whatsapp di nomor 0877-7383-3570. Puskesmas Cikokol juga memiliki layanan Home Care ODGJ dan Disabilitas," kata dr Achmad.



Kota Tangerang Lansia Home Care Kesehatan Pelayanan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!