Senin, 19 September 2022 16:43 WIB | Dibaca : 277
Besok DLH Kota Tangerang Akan Gelar Uji Emisi Gratis, Ini Lokasinya

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menggelar uji emisi gratis, bagi kendaraan roda empat atau lebih di beberapa lokasi. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2021, tentang setiap kendaraan bermotor wajib uji emisi sebagai dasar pengenaan pajak kendaraan.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan, uji emisi gratis yang digelar Pemkot Tangerang akan berlangsung selama tiga hari di tiga lokasi yang berbeda. Dimulai pada Selasa (20/9) di Jalan MH Thamrin depan Argo Pantes, Rabu (21/9) di Jalan Soedirman sekitar Komplek Imigrasi dan hari ketiga pada Kamis (22/9) yang akan berlangsung di Jalan Imam Bonjol sekitar Giant Palm Semi.

“Disetiap harinya, akan berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai. Mobil yang melebihi batas gas buang kendaraan, nanti akan diimbau untuk segera diperbaiki. Sedangkan, kendaraan yang dinyatakan lolos uji emisi akan diberikan tanda khusus. Jadi, jangan dilewatkan uji emisi ini mumpung gratis dan sama-sama kita kurangi polusi udara,” ungkap Tihar, saat dihubungi Senin (19/9).

Ia pun menjelaskan, uji emisi sendiri memiliki sejumlah manfaat. Diantaranya, mengirit bahan bakar namun tenaga tetap optimal. Mendeteksi kinerja mesin kendaraan dan polusi, sekaligus dapat mengurangi pencemaran udara yang disebabkan karena gas buang kendaraan. Tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil dapat diketahui, melalui analisis CO2 dan HC yang terdapat pada gas buang.

“Pastinya, lewat uji emisi kita dapat membuat lingkungan lebih sehat dan udara bersih. Kerusakan pada bagian mesin mobil juga dapat diketahui saat uji emisi. Jadi, ayo cegah pemanasan global dan pencemaran udara dengan memakai bahan bakar ramah lingkungan dan mengikuti uji emisi secara berkala,” imbaunya.



Kota Tangerang DLH

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!