Kamis, 19 Januari 2017 00:00 WIB | Dibaca : 772
Mengintip Karya Kreatif Warga Binaan Lapas I Tangerang
Mengintip Karya Kreatif Warga Binaan Lapas I Tangerang
Mengintip Karya Kreatif Warga Binaan Lapas I Tangerang
Mengintip Karya Kreatif Warga Binaan Lapas I Tangerang

Tangerang – Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang tak kalah kreatif dengan warga umumnya diluar Lapas. Sejumlah hasil kerajinan tangan karya mereka sudah diakui, bahkan salah satu karyanya berupa motor Harley Davidson berukuran aslinya terpajang dikantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jakarta.

Menjalani masa hukuman di dalam lapas, setiap warga binaan dibekali beragam keterampilan agar kelak setelah bebas dapat kembali di lingkungannya masing-masing dengan bekal yang telah didapatnya. Salah satu bekal yang diberikan oleh lapas yaitu keterampilan membuat karya yang bisa bernilai ekonomis, baik itu memproduksi roti, membuat pakaian, kehalian bengkel, membuat kerajinan tangan dan berbagai keterampilan lainnya.

Puji,Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klas I Tangerang mengatakan program pembinaan tersebut memang di programkan oleh lapas agar menambah keterampilan setiap warga binaan.

Saat berada di dalam lapas, penulis berkesempatan langsung melihat proses kreatif warga binaan seperti kerajinan tangan dari bahan dasar koran bekas. Satu-persatu koran bekas itu diolah dan dirangkai menjadi suatu bentuk seperti motor, rumah-rumahan, mobil bemo dan beragam bentuk menarik lainnya.

Salah seorang warga binaan berinisial Y mengatakan kalau hasil kerajinan ini dibuatnya dengan bersama beberapa teman lainnya. “Mudah kok membuatnya, bahan-bahanya juga mudah didapat, seperti koran bekas, lem. Modal lainnya yaitu ketelatenan dan kreatif, tapi kalau sudah sering juga nanti akan biasa,” tuturnya kepada penulis, Kamis (19/1).

Dia melanjutkan, kalau disini banyak warga binaan yang memiliki kreatif. Dari bekal yang didapat selama menjalani masa hukuman itu, mereka berharap kelak saat kembali hidup dengan masyarakat dapat diterima dan bisa menjalani hidup dengan baik.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!