Selasa, 27 Februari 2024 13:36 WIB | Dibaca : 624
RSUD Kota Tangerang Perluas Jangkauan dengan Layanan Ortotik Prostetik
RSUD Kota Tangerang Perluas Jangkauan dengan Layanan Ortotik Prostetik
RSUD Kota Tangerang Perluas Jangkauan dengan Layanan Ortotik Prostetik

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang telah menghadirkan layanan Bengkel Ortotik Prostetik sejak April 2023. Layanan ini dikhususkan sebagai pembuatan alat bantu penyandang disabilitas untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh. Layanan Ortotik Prostetik ini telah ditunjang dengan bengkel sendiri sehingga memudahkan untuk efisiensi pelayanan.

Direktur RSUD Kota Tangerang dr. O.U Taty Damayanti mengatakan, layanan tersebut merupakan layanan pertama yang ada di Kota Tangerang. Terlebih, layanan kaki palsu tersebut juga telah diakomodasi oleh pihak BPJS Kesehatan. Diharapkan, langkah ini bisa memudahkan masyarakat Kota Tangerang maupun di luar Kota Tangerang.

“Selain pembuatan kaki palsu, kami pun menyediakan alat bantu penyangga tubuh seperti sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) dan KAFO (Knee Ankle Foot Orthosis). Untuk kaki pasien bengkok kami juga menyediakan layanan tersebut atau dapat disebut Conginetal Talipes Equines Varus (CTEV),” ucapnya, saat bertemu Senin (26/02/2024) kemarin.

Ia melanjutkan, dalam prosesnya, pembuatan kaki palsu membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Selain itu, diperlukan pemeriksaan kondisi kaki pasien terlebih dahulu oleh prothetist untuk mengetahui ukuran kaki pasien.

Masyarakat Kota Tangerang yang ingin menggunakan layanan ini dengan menggunakan BPJS Kesehatan diharapkan membawa surat rujukan dari faskes pertama. Tentunya masyarakat dapat upgrade kaki palsu dengan BPJS Kesehatan per lima tahun sekali secara gratis.

“Layanan Bengkel Ortotik Prostetik ini juga terbuka untuk pasien umum dengan pilihan jenis kaki palsu. Kami akan melayani pasien BPJS sama dengan pasien umum lainnya,” tandasnya. (Muhamad Bilal Farhan)



rsud ortotik prostetik kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!