Rabu, 16 Oktober 2019 17:31 WIB | Dibaca : 498
Santri Kota Tangerang yang mendunia

Siapa sangka pesantren di Kota Tangerang berhasil mengorbitkan juara dunia dalam bidang sains. Adalah Najila Qurotu Aini (16) dan Hamnah Rohiatul Fauziah (16), santri dari Ponpes Modern An-Nuqthah, Kecamatan Pinang berhasil meraih medali perak, dalam kompetisi World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2019.

Kompetisi ini berlangsung di SEGI College, Subang Jaya, Malaysia pada 2-6 Oktober 2019. Santri Imam Ghazali,  kelas 2 SMA ini, berhasil menemukan Sajadah Pengingat Rakaat (Rakaat Reminder Device). Sajadah ini dilengkapi dengan perangkat Arduino Uno serta sebuah tombol. 

Selain itu, ada sebuah layar yang nantinya menunjukkan angka pengingat.

Menurut Najila, mereka sengaja memilih proyek sajadah pengingat rakaat ini karena pengalaman. "Itu persoalan sehari-hari yang sering dirasakan. Jadi akhirnya kita kepikiran untuk membuatnya," katanya saat ditemui di pesantrennya di Jalan H. Ismail Gang Bebek, Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Rabu (16/10/201).

Menurut Najila, ini  ialah tahun kedua dirinya dan rekannya mengikuti kompetisi tersebut. "Yang pertama kompetisinya tingkat ASEAN  saja, tapi yang tahun ini tingkat dunia," ujarnya. Santri yang mengambil jurusan IPA ini mengatakan, di tingkat Asia Tenggara dirinya pun menjadi posisi runner up. "Untuk kompetisi tingkat dunia ini diikuti oleh 15 negara termasuk dari Eropa," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!