Senin, 5 November 2018 00:00 WIB | Dibaca : 696
Kampung Iklim Pabuaran Tumpeng Terapkan Pendekatan 3 Sedekah
Kampung Iklim Pabuaran Tumpeng Terapkan Pendekatan 3 Sedekah
Kampung Iklim Pabuaran Tumpeng Terapkan Pendekatan 3 Sedekah
Kampung Iklim Pabuaran Tumpeng Terapkan Pendekatan 3 Sedekah
Kampung Iklim Pabuaran Tumpeng Terapkan Pendekatan 3 Sedekah

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuat kampung iklim di setiap Rukun Warga (RW) dalam rangka mengatasi permasalahan yang meliputi banjir, genangan air, kebersihan, dan pengelolaan limbah.

Program Kampung Iklim adalah upaya pengelolaan lingkungan secara komprehensif melalui pendekatan 3 sedekah. Pertama, sedekah sampah (pengelolaan sampah), yang kedua sedekah oksigen (penghijauan) dan urban farming, kemudian yang ketiga sedekah air berupa sumur resapan (biopori).

Lurah Pabuaran Tumpeng, Ujang berharapkan semua kampung yang ada di Kota Tangerang menjadi Kampung Iklim.

"Ini demi menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah. Melalui peran serta masyarakat dan stokeholder yang ada. Di wajibkan setiap rumah menanam pohon agar terlihat hijau dan asri. Dan membuat bank sampah termasuk di dalam program kampung iklim,” katanya.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mengolah sampah dengan cara membuat bank sampah itu sendiri. Masyarakat semakin sadar bahwa budaya bersih, hijau dan indah adalah kebutuhan kita, kebutuhan masyarakat sendiri bukan kebutuhan pemerintah.

“Itulah perkembangan kampung iklim, supaya masyarakat sadar bahwa sampah itu bukan masalah pemerintah tapi masalah kita bersama dan untuk dipecahkan bersama,” tukasnya.

Ujang soleman juga mengatakan Kota Tangerang sendiri memiliki 2 Kampung Iklim yang telah mengikuti verifikasi tingkat Nasional menjadi nominasi kampung iklim utama. Dua lokasi itu meliputi RW 08 Kelurahan Tanah Tinggi dan RW 07 Pabuaran Tumpeng.

"Kampung iklim berasal dari program Kampung hijau yang dijalankan di lingkungan. Pembinaan yang dijalankan secara berkelanjutan dari kesadaran masyarakat yang peduli lingkungan," katanya.

Lebih jauh Ujang Soleman menjelaskan, beberapa indikator penilaian dalam verifikasi ini diantaranya Adaptasi, Mitigasi, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta kesiapan masyarakat menghadapi perubahan iklim.

“Memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk bisa terus menjaga lingkungannya. Terutama masyarakat tersebut bisa beradaptasi dan mitigasi jika terjadi perubahan iklim,” kata ujang.

Ia menambahkan, mengapresiasi tinggi terhadap partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih, hijau, dan sehat, dan hasilnya mendapatkan penghargaan dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK).

"Alhamdulillah kami juga gak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut karena ini berkat kerja sama semua pihak, terutama masyarakat"ujar ujang soleman.

Seperti yang di katakan warga dari Pabuaran Tumpeng Aan Oktian bahwa penghargaan itu menjadi kebanggaan seluruh warga RW 07 Kelurahan Pabuaran Tumpeng.

"Sebenarnya ini adalah usaha bersama dari seluruh warga yang sudah mau membangun wilayahnya, bahu membahu, untuk mewujudkan Program Kampung Iklim," kata Aan.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!