Kamis, 30 Agustus 2018 00:00 WIB | Dibaca : 1120
PKK Targetkan Satu Rumah 10 Pohon TOGA
PKK Targetkan Satu Rumah 10 Pohon TOGA
PKK Targetkan Satu Rumah 10 Pohon TOGA
PKK Targetkan Satu Rumah 10 Pohon TOGA

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tangerang menargetkan setiap rumah memiliki 10 jenis Tanaman Obat Keluarga (Toga). Tujuannya selain untuk penghijauan, juga bermanfaat bagi anggota keluarga jika mengalami sakit dan menggunakan Toga tersebut untuk penyembuhan.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah mengatakan jika program Kampung PHBS yang dibentuk di beberapa wilayah telah berhasil mendorong partisipasi masyarakat untuk bercocok tanam di rumahnya.

Selain itu, warga pun memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat untuk berkebun yang hasilnya dapat dijual maupun dinikmati sendiri. "Alhamdulillah, banyak warga yang bertanam sekarang dan hasilnya buat dimakan bahkan sampai dijual," ujarnya.

Pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT), lanjutnya, juga bagian dari peningkatan kreatifitas perempuan dalam kesejahteraan keluarga.

Oleh karena itu, dirinya mendorong agar setiap ibu rumah tangga dapat menanam 10 pohon di setiap rumahnya karena banyak manfaat.

Apalagi tanaman tersebut untuk keperluan seperti tanaman obat dan juga penghijauan yakni penghasil oksigen. "Mari kita sukseskan program ini dengan menanam satu rumah satu pohon minimal," ujarnya.

Ketua Pokja 4 TP PKK Kota Tangerang, Trina Dafyar mengatakan Toga merupakan obat pencegahan awal saat sakit. Banyak jenis tanaman yang bisa diolah sebagai obat. Oleh karena itu, setiap rumah diharapkan memiliki 10 jenis tanaman.

"Satu jenis pohon dapat menghasilkan oksigen dalam program Kampung Iklim Bebas Banjir. Apalagi dengan 10 jenis tanaman dan memiliki manfaat juga obat maka akan sangat baik untuk masyarakat," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!