Selasa, 17 Januari 2017 00:00 WIB | Dibaca : 1193
Produksi Kaki Palsu Berkualitas dari Tangerang
Produksi Kaki Palsu Berkualitas dari Tangerang
<div dir="ltr">

Tangerang &ndash; Berbekal motivasi membantu orang lain yang kehilangan salah satu anggota tubuhnya karena terserang sakit kusta, Muhammad Ali atau biasa disapa Ali Saga (40) membuatkan kaki dan tangan palsu dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas, tak jarang ia juga menggratiskan biaya pembuatannya.

Di bengkel kerjanya yang beralamat di Jalan Rumah Sakit Kusta Sitanala, Kompleks Serbaguna Lorong 6 No 93, Kota Tangerang, Ali Saga terkadang dibantu rekannya mengerjakan pesanan atau juga memperbaiki kaki dan tangan palsu. Atas usahanya yang banyak membantu orang-orang yang membutuhkan ini, tidak sedikit penghargaan yang didapatnya.

Dalam seminggu, Ali Saga dapat membuat 4-6 buah kaki palsu. Produk darinya dijual dengan harga murah tapi tak mengurangi sedikit punkualitas. Satu buah kaki palsu di bawah lutut djual dengan harga Rp3,5 juta sedangkan di atas lutut Rp7,5 juta.

&ldquo;Satu kaki atau tangan palsu harganya tiga jutaan dan dikerjakan sekitar tiga hari,&rdquo; katanya, Selasa (17/1).

Dalam proses pembuatannya, Ali Saga yang juga mantan penderita kusta ini harus mengukur dan mencetak kaki atau tangan pasien yang akan dipasang alat bantu. Kemudian setelah dicetak akan dibuat pola bentuk kaki atau tangan pasien dengan bahan gipsum, dan kemudian dicetak dengan bahan fiber berkualitas baik dan diberi tambahan busa agar nyaman saat dikenakan pasien.

Hasil dari &lsquo;tangan dingin&rsquo; Ali Saga itu nyaris tidak seperti tangan atau kaki palsu, hampir serupa dengan tangan-kaki sungguhan. Berkat ketekunannya itu beberapa waktu silam ia sempat mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan RI, itu menjadi salah satu bukti bahwa warga kota Tangerang sangat kreatif dan mandiri.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!