Kamis, 14 Juli 2016 00:00 WIB
e-ABSENSI, TERUS DIKEMBANGKAN DAN DISOSIALISASIKAN
e-ABSENSI, TERUS DIKEMBANGKAN DAN DISOSIALISASIKAN

Pertama di Indonesia Absensi Pegawai Menggunakan Token

e-ABSENSI, TERUS DIKEMBANGKAN DAN DISOSIALISASIKAN

*Dapatkan Video Tutorialnya di Youtube channel Kota Tangerang

TANGERANG. Ada yang berbeda saat hari pertama masuk kerja pasca libur IDUL FITRI bagi pegawai di Lingkup Pemerintahan Kota Tangerang, pasalnya, Senin (11 Juli 2016) menjadi hari pertama para pegawai menggunakan sistem absensi elektronik (e-Absensi) untuk melaporkan kehadirannya.

e-Absensi atau juga dikenal dengan sistem absensi token ini dimaksudkan untuk mempermudah pemantauan kehadiran dan kinerja pegawai. Karena dengan sistem absen elektronik ini seluruh data kehadiran pegawai dapat tercatat secara otomotis di sistem yang terintegrasi dengan ruang pantau terpadu Tangerang LIVE Room. Saat ini e-Absensi masih dalam tahap uji coba.

e-Absensi ini dibangun oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangerang. Sedangkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai leading sector pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan dalam memberikan dukungan sistem atau aplikasi pendukung dalam e-Absensi ini, yakni aplikasi Android guna mendapatkan token atau kode input absensi pegawai dan juga tampilan dashboardnya. Dengan e-Absensi ini BKPP yang menangani urusan kepegawaian lebih mudah dalam melaporkan kehadiran dan kedisiplinan pegawai. Sehingga tindak lanjutnya dapat segera dilakukan termasuk melaporkan tingkat kehadiran kepada Walikota.

“Saat ini terus dikembangkan aplikasi untuk mendukung e-Absensi ini. Diskominfo sifatnya memberikan dukungan sistem, terutama aplikasi Android dan juga tampilan dashboardnya.” Ujar H. Muhtarom Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang disela-sela kegiatannya memantau proses pengembangan aplikasi Android e-Absensi yang dilakukan para programmer pada seksi pengembangan e-Government Dinas Kominfo, Selasa (12/7/16) di Tangerang LIVE Room.

Muhtarom menambahkan bahwa pihaknya terus memfasilitasi terkait e-Absensi ini dengan menambah titik hotspot (wifi) yang ada, selain itu untuk ke depannya sistem ini dapat memunculkan foto pegawai yang melaporkan kehadirannya. Untuk itu pada tahap uji coba ini akan terus dilakukan sosialisasi termasuk melalui video tutorial penggunaan e-Absensi yang dapat diakses pegawai melalui Youtube pada channel Kota Tangerang.

Seperti diketahui bahwa e-Absensi ini menggunakan Kode “Token” yang digunakan untuk input kehadiran pegawai ke skptangerangkota.go.id. Token dapat diperoleh melalui Aplikasi SKP yang dapat didownload di Android.

Kasi Pengembangan e-Government pada Dinas Kominfo Adhi Zulkifli menjelaskan untuk ke depannya kode “Token” akan muncul setelah pegawai berada di lingkungan kantor, sehingga kode tersebut hanya muncul bagi pegawai yang benar-benar sudah berada di kantor. Terkait e-Absensi ini memang sangat bergantung pada kualitas jaringan yang ada, sehingga nanti akan ditambahkan titik-titik hotspot di kantor yang bertujuan memudahkan pegawai mendapatkan jaringan terbaik untuk melakukan proses e-Absensi ini.

Seperti yang dijelaskan oleh Kasi Sarana dan Prasarana Bidang telmapostel Tommy Andrian Suatrat, titik-titik hotspot (wifi) tersebut berada di depan lobi Tangerang LIVE Room/Protokol, di depan lobi masuk antara DPKD dan Setwan, di depan lobi masuk antara BPMPTSP dan Bag. Hukum, di selasar belakang DPKD dan BPMPTSP dengan posisi membelakangi lapangan apel, dan di depan lobi Setwan.(*)




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!