Rabu, 21 Februari 2024 21:54 WIB | Dibaca : 515
Diskominfo Kota Tangerang Sukses Gelar FGD Satu Data Satu Peta
Diskominfo Kota Tangerang Sukses Gelar FGD Satu Data Satu Peta
Diskominfo Kota Tangerang Sukses Gelar FGD Satu Data Satu Peta
Diskominfo Kota Tangerang Sukses Gelar FGD Satu Data Satu Peta
Diskominfo Kota Tangerang Sukses Gelar FGD Satu Data Satu Peta

Menghimpun aspirasi dan percepatan pemaksimalan implementasi Satu Data Satu Peta, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tangerang Satu Data Satu Peta, yang diikuti seluruh OPD dan BUMD selaku produsen data, di Hotel Aryaduta, Kabupaten Tangerang, 21-22 Februari 2024.

FGD Tangerang Satu Data Satu Peta dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Herman Suwarman dan mendatangkan sederet narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mulai dari BPS Kota Tangerang, Diskominfo Provinsi Banten, Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, hingga sederet akademisi.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti menuturkan, ini menjadi langkah pengembangan Tangerang Satu Data Satu Peta. Ditujukan untuk menggali apa yang menjadi kendala atau tantangan dalam pengembangan Tangerang Satu Data Satu Peta di seluruh OPD dan BUMD.

“Hasil dari banyaknya diskusi hari ini, salah satunya poin sumber daya yang lebih dikembangkan. Baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya infrastruktur dalam percepatan mewujudkan Tangerang Satu Data Satu Peta,” jelas Indri.

Sederet narasumber pun mengaku pengembangan Satu Data Satu Peta Kota Tangerang sangat memberikan progres yang signifikan. Kepala BPS Kota Tangerang Muladi Widastomo menuturkan, Kota Tangerang sangat keren dan terlihat solid dalam sinergitas Satu Data Satu Peta.

“Semoga Kota Tangerang bisa lebih maju lagi, bahkan menjadi magnet pengembangan untuk wilayah lainnya di Provinsi Banten,” katanya.

Kepala Bidang Pertanahan dan Informasi Geospasial Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta Heri Purwanto menyatakan, Satu Data Satu Peta Kota Tangerang memiliki loncatan yang luar biasa.

“Awal membangun cukup banyak komunikasi dengan DKI Jakarta, tapi kini banyak hal yang mereka lakukan belum kami lakukan. Salah satunya Bhumandala Daerah ini harus ditingkatkan,” jelas Heri.

Sementara itu, narasumber di bidang akademisi juga menyatakan hal serupa. Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI Agus Mulyana menyampaikan selamat atas FGD yang digelar sebagai wujud keseriusan Diskominfo Kota Tangerang dalam pengembangan Satu Data Satu Peta.

“Seluruh narasumbernya luar biasa sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ini bukti keseriusan Diskominfo semoga Satu Dat Satu Peta Kota Tangerang bisa lebih maju lagi,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Iwan Setiawan Ketua Prodi Fakultas MIPA UNPAD menyampaikan, Kota Tangerang cukup agresif dalam membangun Satu Data Satu Peta nya.

“Ini harus terus disuport dengan segala kolaborasi untuk membangun Satu Data Satu Peta yang lebih lengkap, cepat terbangun dan menguntungkan semua pihak,” tuturnya.



fgd diskominfo kota tangerang geospasial

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!