Jumat, 16 Februari 2024 15:39 WIB | Dibaca : 498
BPBD Kota Tangerang Bagikan Tips Siaga Menghadapi Banjir
BPBD Kota Tangerang Bagikan Tips Siaga Menghadapi Banjir

Banjir merupakan bencana yang disebabkan oleh intensitas hujan yang turun terus menerus. Hal ini membuat air sungai atau danau meluap melebihi daya tampungnya karena debit air yang tinggi. Terkadang bencana banjir bersifat lokal namun bisa meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada pada bencana banjir yang kerap terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Tangerang.

“Masyarakat perlu mengetahui langkah antisipasi dan persiapan yang dilakukan jika terjadi bencana banjir. Terutama, bagi yang tinggal di daerah aliran sungai,” jelas Maryono, Jumat (16/2/24).

Salah satu tips siaga menghadapi banjir ialah untuk terus memantau berita terkini terkait curah hujan. Kemudian, masyarakat juga bisa mengamankan barang-barang dan dokumen berharga ke tempat yang aman. Evakuasi keluarga ke tempat yang lebih tinggi dan cabut atau matikan aliran listrik.

“Selain itu, larang anak-anak untuk mandi atau bermain di lokasi banjir. Jangan mengemudikan kendaraan di wilayah banjir dan waspada terhadap hewan liar,” tegasnya.

BPBD Kota Tangerang juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan langkah-langkah responsif dalam menghadapi dampak buruk yang terjadi selama cuaca ekstrem melanda.

Salah satunya, yakni menghubungi panggilan darurat (112), hotline (021-5582144), atau mengunjungi delapan posko bencana yang telah disiapkan di berbagai wilayah.



bpbd cegah banjir kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!