Rabu, 10 Januari 2024 12:42 WIB | Dibaca : 389
Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Warga Kota Tangerang Saat Terjadi Banjir
Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Warga Kota Tangerang Saat Terjadi Banjir
Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Warga Kota Tangerang Saat Terjadi Banjir
Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Warga Kota Tangerang Saat Terjadi Banjir

Setiap datangnya musim hujan, pasti yang dikhawatirkan yaitu banjir. Bencana musiman yang hampir terjadi setahun sekali ini, selalu mendatangkan kerugian materil. Maka, masyarakat Kota Tangerang ada baiknya mengantisipasi agar tidak terjadi kerugian yang banyak.

Untuk mengantisipasi bencana banjir yang hampir tiap tahun terjadi, ada baiknya menyimak sejumlah tips yang harus dilakukan agar selamat saat banjir melanda:

1. Amankan dokumen penting
Selamatkan dokumen-dokumen penting, seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat dan juga dokumen penting kantor. Selain nilai pentingnya, ketika rusak atau hilang, pengurusan kembali dokumen-dokumen ini akan memakan waktu dan biaya.
Untuk menghindari hal itu, lebih baik segala dokumen-dokumen tersebut disatukan dalam satu tempat khusus misalnya koper lalu bungkus dengan plastik untuk lebih memastikannya aman saat terkena air.

2. Siapkan alat siaga banjir
Saat banjir sering kali terjadi keadaan-keadaan ekstrem yang membuat kamu perlu menyiapkan sejumlah alat survival. Alat-alat darurat berikut perlu dikumpulkan seperti sepatu boot, sarung tangan, pelampung, pakaian, senter dengan ekstra baterai, korek api, kertas, pulpen, powerbank terisi penuh, pisau kecil, tali, lakban, serta uang tunai.

3. Menyiapkan makanan kering atau instan
Saat banjir tak bisa dibendung, mengharuskan kita mengungsi ke lokasi yang lebih kering dan aman. Dengan itu, ada baiknya kamu menyiapkan sekotak makanan kering atau instan, yang dapat dikonsumsi saat mengungsi nanti. Terutama, makanan kaya gizi untuk anak-anak tetap sehat saat mengungsi.

4. Menyiapkan berbagai macam obat-obatan
Saat banjir melanda, hal yang kerap terjadi adalah menurunnya kesehatan pada tubuh. Dengan itu, ragam obat-obatan seperti batuk, pilek, alergi, panas dan lainnya ada baiknya disiapkan dengan baik. Terlebih, bagi mereka dengan penyakit komorbid, pastikan kesediaan obat-obatan yang dibutuhkan sesuai penyakit yang diidap.

5. Pantau informasi dari media maupun instansi terpecercaya
Akan lebih baik apabila kamu terus memantau berita tentang curah hujan di wilayah tempat kamu tinggal. Bisa mengecek berita tersebut melalui sosial media @tangerangtv, @tangerangkota, @humas_kota_tangerang, @bpbdkotatangerang atau cari tahu langsung di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Bertujuan agar terus waspada terhadap banjir.

Dengan mengetahui hal yang harus dilakukan saat banjir pada poin di atas, diharapkan mampu memberikan tambahan informasi kepada masyarakat agar dapat terhindar dari jatuhnya korban luka maupun korban jiwa selama banjir berlangsung.

Tetap waspada dan dengarkan informasi terkait evakuasi bencana dari pihak yang berwenang, serta bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat dan tidak terdampak apabila mengalami luka selama masa evakuasi berlangsung, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.



banjir tips kota tangerang tips and trick

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!