Rabu, 20 Desember 2023 17:44 WIB | Dibaca : 772
Berikut Perubahan Lingkungan dan Pariwisata Pada 1 Dekade Kota Tangerang
Berikut Perubahan Lingkungan dan Pariwisata Pada 1 Dekade Kota Tangerang
Berikut Perubahan Lingkungan dan Pariwisata Pada 1 Dekade Kota Tangerang

Selama 10 tahun terakhir, Kota Tangerang menorehkan berbagai perubahan dan kemajuan disegala bidang. Keberhasilan seluruh capaian dan pembangunan merupakan berkat sinergi kolaborasi, gotong royong serta keguyuban seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Kota Tangerang tanpa terkecuali.

Hal tersebut terlihat pada perubahan sektor lingkungan dan pariwisata yang kian maju. Yakni, pada sektor lingkungan, tercatat Kota Tangerang telah memiliki 478 Kampung Proklim, 75 Bank Sampah dan 7 TPST3R.

Kepala DLH, Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan Kampung Proklim merupakan aksi nyata masyarakat, Pemkot Tangerang dan sektor swasta untuk dapat peduli dan bergerak dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim. Melalui pembuatan lubang biopori, sumur resapan, pengolahan sampah, hingga pemanfaatan lahan tidur menjadi KWT.

“Program Kampung Iklim Kota Tangerang telah diakui secara Internasional. Hal tersebut ditandai dengan Wali Kota Arief pernah menjadi salah satu pembicara dalam acara Roundtable of Southeast Asian Mayors, yang mengusung tema "Ensuring Climate Investments Reflect The Aspiration of Urban Poor",” ungkap Tihar.

Sementara itu, dalam sektor pariwisata, di 10 tahun terakhir ini Kota Tangerang telah memiliki 100 Kampung Tematik dan 212 Taman dan Ruang Terbuka Hijau. Kepala Disbudpar, Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan selain Kampung Proklim Kota Tangerang juga memiliki Kampung Kita.

“Dimana setiap kampung dapat mengangkat kearifan lokal yang dimiliki untuk sebuah ikon dalam memperkenalkan identitas ataupun keunikan yang dimiliki. Contohnya Kampung Markisa, Kampung Talas dan masih banyak lagi yang bisa memberikan dampak positif terhadap perubahan iklim yang terjadi,” jelasnya.

Lanjutnya, Taman tematik di Kota Tangerang diketahui tak pernah sepi dari ratusan pengunjung disetiap harinya. Taman menjadi destinasi paling diburu warga Kota Tangerang dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan. Yakni, melakukan perjalanan healing di tengah keramaian Kota Tangerang.

“Tercatat, 500 sampai 1.000 pengunjung datang kesetiap taman di Kota Tangerang.Taman dengan kunjungan tertinggi ialah Taman Gajah, Hutan Kota, Taman Potret, Taman Elektrik, Taman Pisang dan Taman Prestasi,” katanya.



Kota Tangerang #Smart governance

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!