Kamis, 2 November 2023 14:24 WIB | Dibaca : 383
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Gelar Pembinaan UKS/M Tingkat SD dan SMP Se-Kota Tangerang
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Gelar Pembinaan UKS/M Tingkat SD dan SMP Se-Kota Tangerang
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Gelar Pembinaan UKS/M Tingkat SD dan SMP Se-Kota Tangerang
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Gelar Pembinaan UKS/M Tingkat SD dan SMP Se-Kota Tangerang

Anak usia sekolah merupakan generasi penerus bangsa, dimana kemajuan suatu bangsa di masa depan ditentukan oleh kualitas anak pada saat ini. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), yang dibuka langsung Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, di Ruang Akhlakul Karimah, Puspem Kota Tangerang, Kamis (2/11/23).

Pembinaan diikuti 120 peserta, terdiri dari Tim Pembina UKS/M, perwakilan guru UKS SD dan SMP, serta Penanggung Jawab Program UKS se-Kota Tangerang. Dengan menghadirkan tiga narasumber dari TP UKS Pusat, TP UKS Provinsi Banten dan FKTS Kota Tangerang.

Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan kegiatan ini sebagai bentuk penambahan pemahaman tentang UKS/M dan menjadi pemacu semangat Tim Pembina dan Pelaksanaan UKS/M se-Kota Tangerang, untuk terus meningkatkan mutu kesehatan peserta didik dan sekolah.

“Dengan itu, dalam kegiatan ini para peserta akan kembali diperkuat terkait pemahaman trias UKS dan stratifikasi UKS, meningkatkan kerjasama dan peran guru UKS, memetakan stratifikasi UKS/M mulai dari minimal, standar, optimal dan paripurna. Terlebih, mengetahui permasalahan, solusi dan rencana tindak lanjut untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelaksanaan UKS/M,” ungkap dr Dini, usai membuka acara.

Ia pun menuturkan, semua sekolah dan madrasah di Kota Tangerang harus menjadi sekolah sehat. Hal itu diwujudkan dalam kerangka UKS/M yakni Trias UKS yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah dan madrasah sehat.

“UKS/M seringkali identik dengan lomba sekolah sehat, ruang kecil dan kotak P3K, padahal UKS/M adalah identitas yang didapat dari pembiasaan hidup bersih dan sehat dari warga sekolah. Maka, selain pembinaan, pada kegiatan ini juga dilakukan penyamaan kebijakan, perencanaan dan peningkatan kapasitas serta monitoring evaluasi UKS/M yang baik,” jelasnya.

Sebagai informasi, pewarkilan sekolah Kota Tangerang setiap tahunnya meraih Juara I tingkat Provinsi Banten, tahun 2017 Juara III tingkat Nasional yang diraih SMPN 13 Kota Tangerang, dan tahun 2018 Juara II tingkat Nasional yang diraih SMPN 9 Kota Tangerang.



Kita Kota Tangerang #Smart environtment

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!