Senin, 23 Oktober 2023 10:53 WIB | Dibaca : 536
Semangat Pantang Menyerah Masih Membara Pada Ratusan Petugas Pemadam TPA Rawa Kucing
Semangat Pantang Menyerah Masih Membara Pada Ratusan Petugas Pemadam TPA Rawa Kucing

Memasuki hari empat, melewati waktu siang hingga malam tanpa henti ratusan petugas gabungan masih berjuang melakukan pendinginan pada kebakaran TPA Rawa Kucing. Yakni, masih dikerahkannya penanganan darat dengan pengerukan dan penyemprotan. Serta strategi baru melalui jalur udara, yaitu memaksimalkan helikopter water bombing.

Pantauan di lapangan, kepulan api di lokasi kejadian sudah tak terlihat. Namun, kepulan asap tebal masih menyelimuti sebagian area, terutama di area pintu tiga TPA Rawa Kucing, (23/10/23).

Walau para petugas sempat bertumbangan pada hari kedua, dimana termasuk hari yang cukup berat, karena angin kencang memancing timbulnya api, dan kepulan asap sepenuhnya menutupi area TPA dan mengganggu proses penanganan petugas. Petugas yang bertumbangan, yakni mengalami sesak nafas, mata perih, hingga sakit kepala karena kelelahan.

Namun, ratusan petugas di hari keempat ini terlihat pantang menyerah dan tetap semangat yang terus tergelorakan. Sinergitas seluruh pihak kian terasa, mulai dari ratusan petugas gabungan OPD Pemkot Tangerang, bantuan damkar Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, DKI Jakarta, Provinsi Banten dan kini dari KLHK dan BNPB.

"Kami berupaya semaksimal mungkin, terus memberikan yang terbaik, untuk progres positif disetiap harinya. Dinkes Kota Tangerang terus mendampingi kekuatan seluruh petugas. Alhamdulillah, seluruh petugas masih terus semangat pantang pulang sebelum padam," tegas Gufron Falfeli, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang.

Kata Gufron, berbagai cara dilakukan untuk menjaga mental dan kekuatan seluruh personel. Mulai dari teriak dan bernyanyi bersama lagu-lagu semangat BPBD diatas tumpukan sampah, sambil menyeprotkan air dititik asap yang masih bermunculan.

"Namun, seluruh pimpinan yang tak henti berdatangan, dan stanby 24 jam di lokasi, ikut bersama memadamkan, dan terus mendampingi seluruh personel membuat energi atau kekuatan tersendiri bagi para pemadam, yang tak henti bekerja. Semangat pimpinan menjadi suntikan tersendiri bagi para personel," katanya.

Kata Gufron, seluruh petugas gabungan akan terus memberikan yang terbaik dalam penanganan TPA Rawa Kucing. "Kami tak gentar, akan terus semangat. Pastinya terimakasih atas seluruh dukungan dan doa warga Kota Tangerang bahkan se-Indonesia, seluruh bantuan kalian juga terimakasih, jangan takut, kami petugas akan terus semangat," seru Gufron. (bun)



Kota Tangerang #Smart environtment

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!