Rabu, 16 Agustus 2023 11:29 WIB | Dibaca : 245
Segera Direalisasikan, Sosialisasi Rencana Bisnis 2023-2027 Perumda Tirta Benteng Tuntas Digelar
Segera Direalisasikan, Sosialisasi Rencana Bisnis 2023-2027 Perumda Tirta Benteng Tuntas Digelar
Segera Direalisasikan, Sosialisasi Rencana Bisnis 2023-2027 Perumda Tirta Benteng Tuntas Digelar

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng baru saja menuntaskan agenda “Sosialisasi Rencana Bisnis Perumda Tirta Benteng” bersama USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, dan Hygiene (IUWASH), di Hotel Atria, Gading Serpong, Selasa, 15 Agustus 2023, kemarin.

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendi menuturkan, agenda ini dilakukan untuk mensosialisasikan Rencana Bisnis (Renbis) 2023-2027 yang baru saja proses penyusunannya dituntaskan. Renbis tersebut merupakan program Perumda Tirta Benteng yang terintegrasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPKMD), Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM), dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) USAID IUWASH Tangguh. Lanjutnya, Renbis tersebut meliputi program rehabilitasi, program optimalisasi, dan program pengembangan perusahaan.

“Sosialsiasi Renbis ini merupakan upaya Perumda Tirta Benteng untuk mendorong optimalisasi pembangunan di Kota Tangerang dalam beberapa waktu kedepan. Serta, sosialisasi ini juga menggandeng beberapa pihak terkait, seperti Direktur Teknik Joko Suwarna, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kabag Perekonomian, Kabag Hukum, Kementerian PUPR Direktorat Air Minum, BPKP Prov Banten, Bappeda Kota Tangerang, Disperkimtan Kota Tangerang, dan BPKAD Kota Tangerang supaya rencana yang telah disusun dapat direalisasikan secara efektif dan efisien,” ujar Dirut Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendi, Rabu, (16/8/23).

Ia melanjutkan, Renbis Perumda Tirta Benteng 2023-2027 yang disosialisasikan meliputi tiga program yang sebelumnya disebutkan, yakni rehabilitasi, optimalisasi, dan pengembangan perusahaan. Terkait program rehabilitasi, Perumda Tirta Benteng berencana akan melakukan rehabilitasi pipa distribusi eksiting di zona 1 yang dilakukan setiap tahun yang dimulai pada tahun 2023, serta dilengkapi dengan rehabilitasi penggantian atau kalibrasi meter air secara menyeluruh dan bertahap.

“Sedangkan untuk program optimalisasi perusahaan, Perumda Tirta Benteng akan melakukan Distrik Meter Air (DMA) sebagai upaya dalam menekan penurunan tingkat kebocoran. Dilanjutkan, akan melakukan pengadaan pipa HDPE 6 Inch dan pemasangan daya baru 197 KVA di Pompa Intake IPA Sitanala. Serta, secara umum berencana akan meningkatkan pelayanan melalui peningkatan sistem teknologi informasi dengan melakukan pengembangan aplikasi mobile Android dan iOS, serta redesign website, cloud server, dan database,” lanjutnya hal tersebut sebagai upaya untuk merubah sistem pengelolaan perusahaan menuju sistem digitalisasi dalam rangka optimapisasi pelayanan kepada pelanggan.

Selain itu, Perumda Tirta Benteng juga akan melakukan percepatan pengembangan zona 2 dengan pembangunan Jembatan Pipa Sungai Cisadane dan Pipa Distribusi Utama melalui biaya investasi pihak ketiga dan ini bagian dari tindaklanjut atas hibah pembangunan IPA 500 lps yang dibangun oleh kementerian PUPR yg diperuntukkan untuk pelanggan 51.000 SL atas hibah dari Perumda Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang.

“Tidak hanya itu, dalam program pengembangan perusahaan, Perumda Tirta Benteng akan melakukan upatya peningkatan cakupan layanan penyediaan air minum di berbagai daerah baru yang belum mendapatkan akses pelayanan. Pengembangan ini meliputi zona 2 dan 3 yang akan dilakukan dengan penambahan sambungan baru yang akan direalisasikan melalui skema kerjasama investasi dengan pihahk swasta,” pungkasnya. (mts)



Kota Tangerang Smart Branding Smart Governance

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!