Selasa, 4 April 2023 13:04 WIB | Dibaca : 428
Yuk! Lindungi Bumi, Sampah Anorganik Dapat Terurai Sangat Lama

Sampah menjadi permasalahan yang harus dihadapi masyarakat. Karena penggunaan kebutuhan hidup manusia yang menghasilkan sampah menjadi suatu hal yang terus terjadi. Sehingga banyak masyarakat yang terus berupaya bagaimana dalam pengelolaan sampah agar tidak terus merusak lingkungan.

Seperti diketahui, sampah terbagi dalam dua kategori utama yaitu organik dan anorganik. Sampah organik biasanya dihasilkan dari limbah mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tanaman. Sedangkan sampah anorganik berasal dari produk yang dibuat dengan proses teknologi dan pengolahan tambang.

Tentunya sampah anorganik membutuhkan waktu sangat lama untuk dapat terurai. Sehingga membutuhkan campur tangan manusia agar dapat diolah dengan baik. Seperti sampah dari kertas tisu yang membutuhkan waktu dua hingga empat minggu untuk dapat terurai, sedangkan kertas koran membutuhkan enam minggu. Lalu untuk sampah dari kotak kardus, perlu waktu hingga dua bulan untuk dapat terurai.

Sementara untuk sampah dari kantong plastik perlu waktu 10 hingga 100 tahun dan untuk plastik dari botol minuman memerlukan 400 tahun agar dapat terurai. Sehingga masyarakat banyak mengkampanyekan penggunaan kantong plastik diganti dengan kantong reuseable yang ramah lingkungan dan membawa botol minuman sendiri.

Selanjutnya untuk sampah dari potongan kayu membutuhkan waktu satu hingga tiga tahun, serta puntung rokok butuh satu hingga lima tahun agar bisa terurai. Sedangkan untuk sampah berbahan Styrofoam dapat terurai prosesnya hingga 50 tahun.

Selain itu, berbeda dengan sampah pakaian berbahan katun yang butuh waktu dua hingga lima minggu, kaleng alumunium butuh waktu hingga 200 tahun agar dapat terurai. Apalagi sampah dari botol berbahan kaca memerlukan waktu sangat lama hingga lebih dari seribu tahun.

Maka dari itu, selain peran bersama-sama dalam menjaga bumi kita untuk masa depan anak cucu kita nanti. Biasakan dengan hal kecil untuk selalu membawa kantong reuseable dan membawa alat makan dan minum sendiri berbahan stainless food grade. (dsw)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!