Kamis, 4 November 2021 14:52 WIB | Dibaca : 367
Keren! Karang Taruna Pemuda Loba Jasa Budidaya Lele dengan Sistem Bioflok

Mendorong kecerdasan masyarakat, khususnya para pemuda. Karang Taruna Pemuda Loba Jasa, RW 08, Kelurahan Cimone Jaya mengembangkan budidaya lele, dengan sistem bioflok. Membangun empat kolam pembibitan, yang dikelola, dipasarkan dan dinikmati hasilnya secara bersama-sama.

Pengurus Karang Taruna, Aplek mengatakan anggota karang taruna yang berjumlah sekitar 20 orang itu sedang mengembangkan usaha budidaya lele. Memudahkan perawatan, ia telah membagi anggota ke dalam empat divisi.

“Mulai dari divisi pengecekan pH dan TDS, divisi permakanan, divisi maintenance, perawatan kolam hingga divisi pemasaran,” ungkap Aplek, Kamis (4/11/21).

Mengapa akhirnya Karang Taruna tersebut membuat usaha budidaya lele, pihaknya ingin Karang Taruna tidak hanya sebuah organisasi kepemudaan belaka yang isinya hanya rapat tapi juga melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat.

"Kenapa kita pilih budidaya lele, lele itu mudah perawatannya, manfaatnya juga banyak, basic nya kita juga sudah ada," terang Aplek.

Ia juga menuturkan bahwa hasil penjualan budidaya lele sebagian akan ditaruh di kas Karang Taruna, sebagian lagi akan dibagikan kepada anggota.

"Tapi sebenarnya kita budidaya lele juga sebagai edukasi bagi anggota sendiri, mungkin suatu saat nanti anggota ingin jadi pengusaha, jadi sudah punya pengalamannya," tandasnya.

Saat ini, Karang Taruna Pemuda Loba Jasa sedang mengembangkan usaha kripik pisang dan sablon kaos. “Saat ini yang sudah mulai jalan kripik pisangnya, sedangkan sablon kaos masih kita persiapkan. Semoga, kedepan bisa segera di publikasikan dan mulai diperjual belikan,” harapnya.



Kota Tangerang Lele Usaha Cimone Budidaya

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!