Kamis, 21 November 2019 16:28 WIB | Dibaca : 1180
Kantor Ramah Disabilitas
Kantor Ramah Disabilitas
Kantor Ramah Disabilitas
Kantor Ramah Disabilitas

Keberadaan para penyandang disabilitas seringkali diabaikan. Baik dalam hal kesempatan untuk maju maupun dari segi pelayanan sosial acap kali mereka terlupakan.

Di kantor Kecamatan Cipondoh, stigma itu coba dihapus. Salah satu caranya adalah dengan mewujudkan kantor pelayanan ramah disabilitas. Di kantor yang terletak di Jalan KH Hasyim Ashari No. 2, RT.003/001, tersebut, kaum difabel mendapat prioritas pelayanan dari petugas. Selain disediakan sarana trek untuk kursi roda, di ruang pelayanan juga disediakan loket khusus bagi kaum berkebutuhan khusus tersebut.

Seperti Kamis (21/11) pagi. Begitu tiba di halaman, aparat kecamatan yang terdiri dari petugas keamanan dan Trantib setempat  begitu sigap membantu warga yang disabilitas. Bahkan, dari dua orang pihak keluarga yang datang mendampingi terlihat cukup dimudahkan, sehingga akhirnya hanya satu orang perwakilan keluarga yang benar-benar ikut mengurus. Sementara, seorang keluarga lainnya memilih menunggu di kendaraan.

Camat Cipondoh, Rizal Ridholloh, menyampaikan, sebagai kantor pelayanan, Kecamatan Cipondoh sebisa mungkin mempermudah akses untuk warganya, terlebih bagi kaum disabilitas. "Treknya sudah ada, kursi rodanya pun kita siapkan, malah tempat khususnya kita tidak lupakan,"jelasnya.

Menurut mantan Kabid Pariwisata pada Dinas Budpar ini, saat ini pihaknya menyiapkan tujuh loket pelayanan untuk masyarakat umum, sedangkan loket ke delapan dikhususkan bagi kaum disabilitas. "Walaupun misalnya keperluannya kaum difabel itu di loket satu, tetap kami layani kelompok disabilitas ini di loket delapan," jelasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!