Senin, 18 September 2017 00:00 WIB | Dibaca : 1124
Indonesia Nunchaku Club, Bukan Sekadar Jadi "Bruce Lee"
Indonesia Nunchaku Club, Bukan Sekadar Jadi "Bruce Lee"
Indonesia Nunchaku Club, Bukan Sekadar Jadi "Bruce Lee"

Nama Bruce Lee rasanya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Aktor kungfu asal Hongkong ini identik dengan senjatanya yang bernama Nunchaku atau<em>double stick</em>. Rupanya senjata yang juga dikenal dengan nama ruyung ini di sini memiliki penggemarnya.

Bahkan, para penggemarnya membentuk komunitas yang diberinama Indonesia Nunchaku Club. Komunitas Indonesia Nunchaku berdiri pada tahun 2008. Saat ini, Nunchaku Club sudah hadir di 42 di kota-kota di Indonesia. Ketua Umum Indonesia Nunchaku Club, Dedi Irmawan mengatakan, Komunitas Nunchaku Club bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang yang suka dan berlatih double stick.

"Anggotanya berbagai macam suku yang masuk ke komunitas ini sehingga menjadi forum silahturahmi yang tidak melihat dari suku dan profesinya yang difasilitasi oleh<em>double stick</em>," ujarnya saat ditemui ditemui ketika berlatih di Alun-alun Tangerang.

Dikatakannya, orang-orang yang ingin bergabung dalam Indonesia Nunchaku Club harus menunjukkan keaktifannya sebagai bagian dari komunitas selama dua hingga tiga bulan. "Dalam bentuk foto dan video di kirimkan untuk menjaga kelangsungan latihan Sehingga harus sering berkomunikasi," ujarnya.

Untuk pendaftaran ke Komunitas Nunchaku Club, orang-orang yang ingin mengikuti komunitas harus memperlihatkan keseriusan membangun komunitas. Khusus untuk komunitas Indonesia Nunchaku Tangerang latihan dilakukan pada hari Minggu jam 10:00 WIB- 15:30 WIB di lapangan Ahmad Yani, Tangerang.

Saat ini jumlah anggota Komunitas Nunchaku Club di Tangerang mencapai 20 anggota. Komunitas ini juga sempat juara 1 di Cikarang pada tahun 2017. Untuk Tangerang sendiri yang mengikuti Komunitas Nunchaku Club dimulai dari kelas 4 SD hingga orang-orang yang sudah berkeluarga. "Tidak ada batasan umur untuk mengikuti Komunitas Nunchagu Club. Misi utama ingin mengenalkan alat Nunchaku merupakan permainan yang menyenangkan," ujarnya.

Adapun teknik-teknik yang dipakai adalah Freestyle Nunchaku. Teknik ini merupakan gaya bebas, lebih ke entertainment di putar dan di lempar. Ada pula teknik Fight Style Nunchaku yakni melakukan gaya pertarungan. "Teknik ini dipergunakan untuk membela diri," ujarnya. Selanjutnya ada teknik Roll Style Nunchaku dengan cara memutar. "Ada pula Teknik Spine Style Nunchaku yang merupakan memutar secara menyeluruh. Lalu berikutnya teknik swipe style Nunchaku yang merupakan dioper dari kanan ke kiri. Untuk dasar-dasarnya," pungkasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!