Selasa, 16 Agustus 2016 00:00 WIB
Lomba Palang Pintu Meriahkan HUT RI di Kecamatan Pinang
Lomba Palang Pintu Meriahkan HUT RI di Kecamatan Pinang

Masyarakat dan institusi di Kota Tangerang turut memeriahkan perayaan Hut RI ke 71 dengan menggelar berbagai perlomban, tidak terkecuali Kantor Kecamatan Pinang, Senin (15/8/2016). Lomba yang digelar cukup menarik, yakni Palang Pintu khas adat Betawi.

Terlihat para peserta Palang Pintu baik orang dewasa maupun anak-anak memperlihatkan kebolehannya dalam prosesi adat yang biasanya dilakukan saat upacara pernikahan ini, mulai dari adu pantun sampai adu silat. Bahkan peserta dewasa beradu silat menggunakan golok sungguhan.

Camat Pinang Maryono mengatakan, lomba ini diikuti puluhan peserta Palang Pintu dari Jabodetabek. Kegiatan ini dipilih karena di Kota Tangerang sendiri banyak komunitas sanggar Palang Pintu. “Lomba ini sekaligus upaya pelestarian budaya betawi yang di Kota Tangerang, khususnya Kecamatan Pinang,” tukasnya.

Selain lomba Palang Pintu, berbagai perlombaan lain juga digelar seperti gerak jalan, sepeda santai, balap karung, tarik tambang, gapura dan kantor bersih. “Kegiatan ini sudah digelar sejak seminggu lalu untuk memeriahkan HUT RI ke 71,” ujar Maryono.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!