Selasa, 30 September 2025
Tangerang, oC

Transparansi Layanan, Pemkot Tangerang Pasang Nomor Aduan di Semua Bus Tayo dan Si Benteng

Selasa, 30 September 2025 13:10 WIB
16
Share
Tampak belakang Bus Trans Tangerang (Tayo) milik Pemkot Tangerang tercantum nomor layanan aduan, di Terminal Poris, Selasa (30/9/25). (Sumber : Dinas Kominfo Kota Tangerang) (ZIDAN FEBRIANSYAH)

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui PT TNG terus berupaya meningkatkan kualitas layanan transportasi publik. Salah satu langkah terbaru yang dilakukan yakni dengan memasang nomor aduan di seluruh armada Bus Tayo dan Si Benteng.

Direktur Utama PT TNG Muhammad Rijal mengatakan, pemasangan nomor aduan di seluruh armada, saat ini masih dilakukan secara bertahap. Kebijakan ini diambil sebagai bentuk transparansi pelayanan sekaligus memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, kritik, maupun saran terkait kenyamanan dan keamanan transportasi umum.

“Jadi, penumpang atau masyarakat jika mengalami kendala di lapangan, bisa langsung melapor ke nomor 0811-9790-7999 yang terpapar di seluruh armada. Sehingga, PT TNG bisa segera menindaklanjuti,” tegas Rijal, Selasa (30/9/25).

 

Ia menjelaskan, nomor pengaduan tersebut tertera jelas di bagian badan bus. Sehingga, mudah dilihat oleh seluruh penumpang maupun masyarakat umum.

Laporan masyarakat, nantinya akan langsung ditangani oleh tim PT TNG dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memastikan setiap aduan direspons cepat dan tepat.

Pemkot Tangerang berharap, dengan adanya kanal pengaduan resmi, masyarakat semakin percaya menggunakan transportasi publik yang disediakan pemerintah daerah. Selain itu, sistem ini juga menjadi alat kontrol agar penyedia layanan dalam hal ini PT TNG terus meningkatkan profesionalisme dalam operasional sehari-hari.

“Transportasi publik harus nyaman, aman dan akuntabel. Dengan adanya nomor pengaduan ini, masyarakat bisa ikut terlibat dalam mengawasi layanan, sehingga bersama-sama kita wujudkan pelayanan publik yang lebih baik,” katanya.