Jumat, 18 Oktober 2024 19:42 WIB | Dibaca : 23
BPBD Kota Tangerang Simulasi Gempa di Sekolah Antisipasi Potensi Megathrust
BPBD Kota Tangerang Simulasi Gempa di Sekolah Antisipasi Potensi Megathrust

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan simulasi gempa bumi KB-TK Perguruan Buddhi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Jumat (18/10/24).

Plt Kalak BPBD Kota Tangerang Ubaidillah Ansar menuturkan, simulasi gempa ini untuk mengantisipasi adanya potensi gempa megathrust. Kali ini, sasarannya adalah pelajar atau anak-anak di sekolah, agar siswa dan guru lebih siap menghadapi bencana gempa bumi.

"Lewat pembelajaran atau simulasi ini, mereka akan tahu pada saat terjadinya gempa bumi apa yang mereka harus lakukan. Jadi meningkatkan kemampuan kapasitas ke anak-anak murid itu sangat perlu," tutur Ubaidillah.

Dalam simulasi ini, para siswa dan guru dilatih cara menghadapi berbagai macam bencana dan melakukan evakuasi. Simulasi dimulai dari aktivitas mereka di kelas, bunyi alarm bencana, dan bagaimana mereka harus lari dengan kondisi aman dan berlindung di titik aman.

"Di sini, anak-anak dan guru dikasih tahu arah denah untuk melakukan evakuasi arahnya mana. Diharapkan sudah teratur, ada orang-orang yang bertugas membunyikan sirine, melakukan evakuasi dan tahu harus kemana titik evakuasi. Itu yang dibiasakan," jelasnya.

"Jika semua memahami alur evakuasi dan tindakan saat terjadi bencana, maka akan mengurangi risiko korban," tambahnya.

Sebagai informasi, program pelatihan atau simulasi seperti ini dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat secara gratis hanya dengan melakukan permohonan ke BPBD Kota Tangerang.

Secara manual bisa bersurat ke Kantor BPBD Kota Tangerang atau secara online dapat diakses melalui aplikasi SILANTANG di silantang.tangerangkota.go.id.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!