Jumat, 18 Oktober 2024 15:42 WIB | Dibaca : 26
4 Rekomendasi Eduwisata Wajib Dikunjungi di Kota Tangerang
4 Rekomendasi Eduwisata Wajib Dikunjungi di Kota Tangerang
4 Rekomendasi Eduwisata Wajib Dikunjungi di Kota Tangerang

Bagi yang masih bingung mau kemana untuk menghabiskan akhir pekan, tak perlu jauh-jauh ke luar kota.

Di Kota Tangerang, ada sejumlah tempat rekomendasi yang bisa dikunjungi bareng keluarga sambil mengedukasi anak.

Berikut empat rekomendasi eduwisata di Kota Tangerang yang cocok dikunjungi:

1. Kampung Tematik Danau Kalpataru

Kampung Tematik Danau Kalpataru merupakan destinasi wisata edukasi potensial yang berada di tengah Kota Tangerang. Di sana, pengunjung akan menikmati berbagai fasilitas edukatif secara gratis, seperti pengolahan kebun sayur organik, pengolahan rumah bibit, keramba ikan apung, taman bacaan, area bermain, sampai sport center berada di kawasan tengah kota yang tenang, rindang, serta sejuk.

Kampung Tematik Danau Kalpataru berada di Cluster Italy, Perumahan Banjar Wijaya, Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang, Buka pukul 06.00-21.00 WIB.

2. Kampung Pakcoy Karawaci

Kampung Pakcoy merupakan destinasi wisata edukasi unggulan yang banyak dikunjungi para pelajar, komunitas, serta pegiat lingkungan di Kota Tangerang.

Di sana, wisatawan dapat menikmati perjalanan keliling kampung urban sekaligus mempelajari aktivitas pengolahan limbah ban bekas dan botol plastik menjadi barang bernilai ekonomis dari masyarakat secara langsung, seperti pot dan kerajinan tangan.

Wisatawan yang datang juga dapat mempelajari kolektifitas swadaya masyarakat dalam membangun kampung yang ramah lingkungan. Kampung Pakcoy berada di Jalan Teukur Umar, RT 01, RW 01, Karawaci, Kota Tangerang. Melayani kunjungan pukul 09.00-15.00 WIB.

3. Taman Burung Kota Tangerang

Taman Burung Kota Tangerang menyediakan jenis burung yang bisa dilihat di Taman Burung Kota Tangerang. Ada petugas yang akan memandu dan menjelaskan aneka burung yang ada.

Lokasinya berada di di Jalan Moch. Yamin, Babakan, Kota Tangerang. Sama dengan Jasmine Park dan Branchsto Equestrian Park, Taman Burung Kota Tangerang gratis untuk dikunjungi.

4. UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PBTPHP)

UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (PBTPHP) merupakan agrowisata unggulan yang banyak dikunjungi di Kota Tangerang. Di sana, wisatawan dapat mengeksplorasi berbagai jenis tanaman, mulai dari sayur-sayuran sampai Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Di sana wisatawan juga dapat mengeksplorasi jenis pengolahan peternakan. Mulai dari ikan nila, ikan patin, ikan lele, kambing kosta, domba garut, sampai domba moreno. Bahkan, wisatawan dapat mempelajari secara langsung teknik urban farming yang sedang dikembangkan.

Hortikultura beralamat di Komplek Pertanian Terpadu, Kedaung Wetan, Neglasari, Kota Tangerang. Buka Pukul 08.00-16.00 WIB. Bagi yang ingin berkunjung dapat melakukan pengajuan izin kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!