Selasa, 8 Oktober 2024 20:07 WIB | Dibaca : 96
Pemkot Tangerang Terima Dua Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri
Pemkot Tangerang Terima Dua Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri
Pemkot Tangerang Terima Dua Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri
Pemkot Tangerang Terima Dua Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri

Lagi-lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendulang prestasi. Kali ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2024 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) atas keberhasilannya melakukan pembinaan penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan Tahun 2024. 

Pada kesempatan yang sama, Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci juga meraih Juara I tingkat Nasional di Regional II atau Jawa-Bali pada Lomba Kelurahan dan Desa tahun 2024. 

Kedua prestasi diberikan pada acara Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2024, di Gedung Ksirarnawa Komplek Art Center Bali, Denpasar Timur, Selasa (8/10/24). 

Penjabat Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin mengucapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas capaian yang diraih. Penghargaan ini menunjukkan komitmen Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. 

"Penghargaan ini adalah pengakuan terhadap kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kota Tangerang dan masyarakat, yang telah bekerja keras dalam membangun kolaborasi demi mewujudkan visi Kota Tangerang," ujar Dr. Nurdin saat ditemui selesai acara penganugerahan. 

"Semoga setiap sektor dan fungsi pemerintahan terus berupaya melakukan yang terbaik, sehingga secara keseluruhan Kota Tangerang bisa menjadi yang terbaik di Indonesia," tambahnya. 

Ia juga berharap, berbagai capaian ini senantiasa memotivasi Pemkot Tangerang untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat. 

"Begitu juga Kelurahan Nusa Jaya untuk dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya, untuk berkolaborasi sama-sama memberikan pelayanan terbaik dari 104 kelurahan untuk masyarakatnya," ungkap Nurdin. 

Sementara itu, Lurah Nusa Jaya Alby Nur Muhamad mengatakan, pencapai ini diraih melalui proses yang panjang. Mulai dari tingkat Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, terbaik tingkat Provinsi Banten dan kini tingkat nasional. 

Ini merupakan sejarah bagi Provinsi Banten dan Kota Tangerang, yakni kali pertama meraih prestasi Kelurahan Terbaik di Tingkat Nasional. Tentunya, ini tak lepas dari terselenggaranya ragam program dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Menjalin kolaborasi pentahelix seperti kerja sama dengan Kampung Pendora, Kelurahan Karang Anyar, terkait wisata edukasi masyarakat di Kampung Srikandi RW 08. Serta kerja sama dengan Yayasan Darul Miftah Mulya sebagai penyelenggara rehabilitasi nafza, kejiwaan dan kenakalan remaja masyarakat di wilayah Kelurahan Nusa Jaya,” paparnya. 

Lanjut Alby, kerja sama juga dilakukan bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan Tangerang. Dalam hal ini memberikan bantuan konsultasi dan pendampingan hukum gratis bagi masyarakat Kelurahan Nusa Jaya.

Kelurahan Nusa Jaya juga membantu masyarakat dalam penyediaan lapangan kerja yang bekerja sama dengan PT. Solutama Mutiara Lestari, lewat program Seken (Semangat Kerja Nusa Jaya). 

“Tak hanya itu, ada pula program yang sudah berjalan sejak lama, yakni memiliki pelayanan aduan 24 jam di nomor WhatsApp 0877-7770-7696," katanya. 

Dalam penanganan ekonomi sosial untuk kesejahteraan masyarakat, kata Alby ada program Berkah (Bangun Infrastruktur, Ekonomi UMKM, Raih Kesejahteraan, Kewirausahaan, Akses Layanan Dasar dan Hidup Sejahtera) melalui pembangunan infrastruktur dan akses layanan dasar, pemberdayaan UMKM dan kewirausahaan, serta program jaminan sosial dengan Masdoel.

“Dengan prestasi ini, tentunya kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar mereka dapat hidup sejahtera, mandiri dan berdaya saing, demi kemajuan Kota Tangerang,” tutup Alby.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!