Selasa, 8 Oktober 2024 15:52 WIB | Dibaca : 38
Tips Mendidik Anak dari PKK Kota Tangerang Sesuai Zaman dan Aspek Agama
Tips Mendidik Anak dari PKK Kota Tangerang Sesuai Zaman dan Aspek Agama
Tips Mendidik Anak dari PKK Kota Tangerang Sesuai Zaman dan Aspek Agama

Pada saat ini, arus perkembangan teknologi informasi tidak bisa dibendung lagi. Sisi budaya, pergaulan dan perkembangan anak-anak saat ini rentan terhadap hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Ketua Pokja l TP PKK Kota Tangerang Tuti Alawiyah Jatmiko menjelaskan, saat ini anak-anak mempunyai keinginan besar untuk melakukan sesuatu hal yang bagi mereka asyik dan menarik, terutama anak usia dini, karena mereka tidak memikirkan apa akibat yang akan ditimbulkan.

“Sehingga tidak menutup kemungkinan, banyak orang tua yang mengalami kegalauan. Ada orang tua yang terlalu protektif, mereka membatasi pergaulan anak. Bahkan mengungkung anak dan mengisolasinya dari perkembangan zaman,” ujarnya.

Maka dari itu, perlunya tips dari aspek agama untuk orang tua agar dapat mendidik anaknya dengan baik. Adapun tipsnya yaitu:

1. Menjalankan Fungsi dan Tatanan Keluarga dengan Baik

Fungsi dan tananan yang baik ini tentu adanya kerja sama antara bapak dan ibunya, agar ketika ada permasalahan antara keduanya tidak diselesaikan di depan anaknya.

2. Ajarkan Dasar Agama

Setiap orang tua Muslim wajib memberikan dasar-dasar agama kepada anak sejak kecil. Adanya didikan ini akan menumbuhkan iman pada anak sehingga nantinya dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat iman atau tidak mudah goyah. 

3. Tutur Kata Lembut

Mendidik anak dalam Islam jangan sebatas teori namun juga harus dibarengi dengan praktik langsung dari kedua orang tua. Maka, jadilah orang tua yang selalu bertutur kata lembut, bijaksana dan memberi pengajaran dengan kasih sayang. 

Menurut ajaran Nabi Muhammad SAW, setiap anak memiliki hak untuk memperoleh kasih sayang dari orang tua. Namun yang perlu dipahami adalah kelembutan bukan berarti mengesampingkan kesalahan anak. 

4. Ajarkan Adab

Salah satu anjuran mendidik anak dalam Islam menurut Rasulullah adalah mengajarkan adab yang baik. Jika dalam Islam, adab bukan hanya sikap kepada sesama manusia namun juga kepada diri sendiri saat sedang melakukan sesuatu. Contohnya ada banyak dan berikut beberapa di antaranya saat minum harus sambil duduk, tidak boleh berdiri, makan dan minum dengan tangan kanan dan ucap doa sebelum dan setelah makan minum.

5. Beritahu Perbedaan Gender

Banyak orang tua yang mengabaikan didikan ini padahal sebenarnya sangat penting. Orang tua harus mengajarkan perbedaan anak laki-laki dan perempuan serta batasan apa saja yang perlu ada di antara keduanya. Misalnya, anak laki-laki tidak boleh mandi bersama anak perempuan meskipun belum baligh.

6. Ajarkan Sikap Sederhana

Salah satu sikap Rasul yang dapat menjadi teladan bagi si kecil adalah hidup sederhana. Meskipun Nabi Muhammad SAW merupakan kekasih Allah yang sudah dijamin masuk surga, namun Rasul tidak pernah tinggi hati atau angkuh kepada sesama. 

7. Perhatikan Teman-Teman Anak

Sosialisasi akan menjadi salah satu hal yang tidak dapat terhindarkan sebagai makhluk hidup. Namun, ajarkan anak untuk tidak sembarangan berteman. Pastikan bahwa lingkungan pertemanan si kecil memang baik / positif.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!