Kamis, 25 Juli 2024 12:44 WIB | Dibaca : 493
Pengamat Nilai Program Sekolah Swasta Gratis Milik Pemkot Tangerang Sebuah Inovasi Pendidikan

Berbagai program terus dihadirkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang agar tidak ada anak yang putus sekolah. Salah satu program yang menjadi sorotan adalah Sekolah Swasta Gratis di jenjang SD dan SMP sebanyak 146 sekolah.

Pengamat Kebijakan Publik Memed Chumaedy mengatakan, bahwa program tersebut merupakan sebuah inovasi di bidang pendidikan. Menurutnya, ini merupakan sebuah upaya yang serius bagi Pemkot Tangerang untuk memfasilitasi anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak.

"Dengan adanya program Sekolah Swasta Gratis ini tidak ada lagi masyarakat yang menyatakan bahwa mereka tidak memiliki biaya untuk sekolah, karena semua sudah difasilitasi oleh Pemkot Tangerang. Perspektif masyarakat masih banyak melihat sekolah negeri hanya karena gratis. Dengan adanya sekolah swasta gratis ini juga dapat mematahkan perspektif tersebut," ungkapnya melalui sambungan telepon, Kamis (25/7/24).

Memed melanjutkan, dengan adanya program tersebut tidak membuat kegaduhan di masyarakat. Sehingga, ketika memasuki masa penerimaan siswa baru masyarakat tinggal memilih ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri atau ke sekolah swasta gratis.

"Ketika Pemkot Tangerang membuat program tersebut menjadi solusi yang luar biasa. Sehingga, ketika PPDB masyarakat dapat memilih sekolah mana yang ingin dituju. Jika, ternyata sekolah swasta gratis lebih dekat dengan rumah maka dapat memilih opsi tersebut dan tidak perlu memaksakan ke sekolah negeri, karena Pemkot Tangerang telah memfasilitasi sekolah swasta gratis," lanjutnya.

Diharapkan, Pemkot Tangerang tidak berhenti pada status sekolah negeri saja dan menambah kerja sama dengan sekolah-sekolah swasta. Sehingga, ketika pendidikan baik maka sumber daya manusianya juga menjadi baik dan mendapatkan pendidikan yang layak.

"Saya harap, sekolah-sekolah negeri juga jumlahnya ditambah dan dibarengi dengan menambah kerja sama sekolah-sekolah swasta gratis. Sehingga, masyarakat tercerdaskan, indeks kepuasan publik pun meningkat dan yang terpenting sumber daya manusianya menjadi baik, maka pada akhirnya dapat linear dengan visi misi yang dibangun di Kota Tangerang," tutupnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!