Jumat, 7 Juni 2024 22:42 WIB | Dibaca : 21447
Hasil Sidang Isbat 1 Zulhijah: Iduladha Serentak 17 Juni 2024 Mendatang

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia baru saja mengumumkan secara resmi hasil sidang isbat untuk menetapkan 1 Zulhijah 1445 H. Berdasarkan hasil sidang isbat yang telah dilaksanakan, pemerintah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada tanggal 8 Juni 2024.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Ahmad Baijuri Khotib menuturkan, hasil sidang isbat tersebut memastikan bahwa perayaan Hari Raya Iduladha akan dirayakan secara serentak pada Senin, 17 Juni 2024, mendatang.

“Hasil sidang isbat baru saja diumumkan secara resmi, hasilnya juga sudah terlihat. Insyaallah, Hari Raya Iduladha tahun ini akan diselenggarakan secara serentak pada 17 Juni 2024 mendatang,” ujar Baijuri, Jumat (7/6/24).

Ia melanjutkan, kesepakatan hasil sidang isbat tersebut sebelumnya didasarkan pada hasil hisab dan rukyat yang telah dilaksanakan Tim Hisab Rukyat Kemenag RI di 144 titik lokasi yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Tangerang.

Berdasarkan hasil rukyat tersebut, posisi hilal hari ini telah melampaui kriteria minimal dengan ketinggian 3 derajat serta sudut elongasi 6,4 derajat.

“Alhamdulillah, hasilnya juga sesuai dengan prediksi semula bahwa Hari Raya Iduladha akan diadakan secara serentak tanpa adanya perbedaan antara yang menggunakan metode hisab wujudul hilal sama metode rukyatul hilal,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengajak bersama-sama meramaikan perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H dengan menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kota Tangerang.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!