Kamis, 21 Desember 2023 16:56 WIB | Dibaca : 1610
MENPAN RB: Super Apps Tangerang Ayo dan Tangerang Gorvu Harus Jadi Percontohan
MENPAN RB: Super Apps Tangerang Ayo dan Tangerang Gorvu Harus Jadi Percontohan
MENPAN RB: Super Apps Tangerang Ayo dan Tangerang Gorvu Harus Jadi Percontohan
MENPAN RB: Super Apps Tangerang Ayo dan Tangerang Gorvu Harus Jadi Percontohan
MENPAN RB: Super Apps Tangerang Ayo dan Tangerang Gorvu Harus Jadi Percontohan

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meresmikan Aplikasi Tangerang Ayo dan Tangerang Government University (Gorvu), yang berada di Grha Bakti Karya (GBK), Kawasan Perumahan Moderland, Kota Tangerang, Kamis (21/12). Keduanya diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas bersama Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB mengungkapkan Super Apps Tangerang Ayo merupakan bukti nyata upaya menempuh birokrasi yang lincah dan tepat. Terlebih, aplikasi Tangerang Ayo terintegrasi dengan segala urusan antara pemerintah dengan masyarakatnya.

“Dengan itu, melalui Super Apps Tangerang Ayo birokrasi tidak berkelit dan benar-benar berdampak ke masyarakat. Karena memang, kita sebagai ASN dalam naungan pemerintah bekerja harus berdampak, dan birokrasi bukan lagi tumpukan kertas,” ungkap Menteri Anas.

“Mudah-mudahan Super Apps Tangerang Ayo dapat menjadi contoh yang baik untuk semua daerah. Bahkan, Kota Tangerang harus jadi percontohan di Indonesia, walau sebelumnya Kota Tangerang juga belajar ke daerah-daerah lain, dan bagusnya mengembangkan menjadi produk yang lebih bagus lagi,” sambungnya.

Sementara itu, terkait Tangerang Gorvu, Menteri Anas menyatakan perlu dilakukan percepatan penggunaan kelas-kelas yang dihadirkan di Tangerang Gorvu. “Kedepan kuncinya perlu didorong SDM nya lebih meningkat. Jadi buat saya, Tangerang Gorvu ini bagus. Terlebih, dengan gedungnya yang super lengkap dan dapat dimanfaatkan untuk masyarakat juga. Itu bagus,” jelas Menteri Anas.

Dilokasi yang sama, Kepala Diskominfo, Kota Tangerang menuturkan Super Apps Tangerang Ayo merupakan integrasi dari beberapa aplikasi manajemen pemerintahan yang digunakan untuk membantu pegawai Pemkot Tangerang dalam melakukan pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tercatat, dalam aplikasi Tangerang Ayo terdapat 38 layanan dengan berbagai urusan. Salah satunya yang special adanya fitur Melayani Warga, yaitu fitur yang digunakan pegawai untuk membantu masyarakat yang menemui kendalam dalam mendapatkan layanan publik. Seperti, sobatdukcapil, ambulans gratis, mobil jenazah gratis, pembuatan kartu kuning, dan lainnya,” papar Indri.

Lanjutnya, dari masa percobaan hingga saat ini Super Apps Tangerang Ayo telah melayani 17 ribu lebih warga dengan berbagai keperluaanya. “Terbanyak ialah keperluan ESPPT, STTS dan Kartu Kuning. Semoga, Super Apps Tangerang Ayo dapat memudahkan pegawai dalam melayani warga Kota Tangerang dimana pun dan kapan pun,” harapnya.

Kepala BKPSDM, Kota Tangerang, Heryanto menuturkan Tangerang Government University merupakan sistem pengembangan kompetensi SDM Aparatur dengan dukungan digitalisasi dalam meningkatkan fleksibilitas dan aksesibilitas pembelajaran.

“Ditujukan untuk menciptakan tempat kerja sebagai lingkungan pembelajaran, pengembangan knowledge management, pemenuhan kewajiban pengembangan kompetensi pegawai, dan pencapaian target organisasi,” katanya.

“Dengan gedung Grha Bakti Karya dengan sederet fasilitas lengkapnya, diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas ASN di Kota Tangerang. Disisi lain, gedung ini juga dapat dimanfaatkan secara umum dengan sederet fasilitas olahraga yang berstandar. Jadi, paket lengkap untuk pemerintah dan warganya,” tutupnya.



Kota Tangerang #Smart city #Smart Governance

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!