Selasa, 12 Desember 2023 19:27 WIB | Dibaca : 461
KPK Apresiasi Pemkot Tangerang Soal Pemberantasan Korupsi, Pengamat: Ini Bukti Komitmen Luar Biasa
KPK Apresiasi Pemkot Tangerang Soal Pemberantasan Korupsi, Pengamat: Ini Bukti Komitmen Luar Biasa

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja berhasil memperoleh Penghargaan Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Tahun 2023 kategori Pemerintah Kota Terbaik dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bidang Pencegahan dengan capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi di antara seluruh kota se-Indonesia yakni 88,56 dengan Sertifikat Badan Milik Daerah (BMD) terbanyak yakni 322 bidang.

Menilai capaian tersebut, Akademisi dan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Memed Chumaidi mengungkapkan dalam penghargaan ini KPK dipastikan tidak main-main. Terlebih, KPK adalah lembaga kredibel dan berkomitmen tinggi terhadap pemberantasan korupsi.

“Dengan itu, penghargaan ini luar biasa. Penghargaan tersebut jadi bukti Kota Tangerang punya komitmen yang luar biasa terhadap pemberantasan anti korupsi di Kota Tangerang. Baik itu, pimpinan daerahnya, pegawainya, pengguna layanannya, mitra kerjasamanya,” ungkap Memed, Selasa (12/12/23).

“Sehingga, lewat penghargaan ini juga bisa dilihat setiap rupiah yang dianggarkan memang benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” sambungnya.

Ia pun menuturkan, KPK dalam penghargaan ini pastinya memiliki sejumlah indikator. Seperti, penilaian integritas seluruh pihak, indeks perilaku anti korupsi dan indeks persepsi korupsi dan banyak lainnya.

“KPK jugas memiliki tim khusus untuk melakukan survei ini, karena memang bukan penghargaan main-main. Dengan itu, pasca penghargaan ini Kota Tangerang harus mampu menjaga realitasnya dari penghargaan ini, jangan malah sebaliknya,” tegasnya.

Ia pun menanggapi penghargaan Kota Sangat Inovatif yang diraih Kota Tangerang dari Kemendagri dalam acara Innovative Government Award 2023. “Tidak heran dengan penghargaan ini untuk Kota Tangerang, karena memang begitu banyak inovasi yang diberikan Pemkot Tangerang dalam segala sektor pelayanan,” kata Memed.

Lanjutnya, salah satu inovasi yang tidak ada habisnya pada bidang Kesehatan dengan berbagai program yang dihadirkan. “Layanan kesehatan yang paling eksis di Kota Tangerang yaitu BPJS Kesehatan masyarakat yang dibayarkan Pemkot Tangerang. Biaya kuliah dan sekolah swasta gratis itu juga inovasi yang luar biasa buat saya,” jelasnya.



Kota Tangerang #Smart governance #Smart city

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!