Rabu, 21 Juni 2023 08:00 WIB | Dibaca : 254
Ayo Manfaatkan, Kota Tangerang Miliki Layanan Iva Test dan Sadanis Gratis di 39 Puskesmas
Ayo Manfaatkan, Kota Tangerang Miliki Layanan Iva Test dan Sadanis Gratis di 39 Puskesmas
Ayo Manfaatkan, Kota Tangerang Miliki Layanan Iva Test dan Sadanis Gratis di 39 Puskesmas

Inpeksi Visual Azam Asesat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Dengan tujuan mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim. Dalam hal ini, sebagai pencegahan sedini mungkin terhadap kasus kanker serviks yang kerap menyerang kaum wanita.

Untuk pencegahan kanker serviks, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memiliki layanan khusus, yakni Iva Test secara gratis untuk masyarakat Kota Tangerang. Tidak tanggung-tanggung, layanan Iva Test gratis ini bisa didapati masyarakat Kota Tangerang di 39 puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang.

“Dengan program ini, diharapkan wanita di Kota Tangerang bisa lebih peduli terhadap kesehatannya, terutama tidak segan melakukan pemeriksaan dini, untuk pencegahan sedini mungkin. Apalagi, layanan ini bisa didapati tanpa mengeluarkan biaya yaitu gratis diseluruh puskesmas yang terdekat dengan pemukiman,” ungkap dr Dini Anggraeni, Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Rabu (21/6/23).

Ia pun menyatakan, untuk mendapat layanan Iva Test gratis masyarakat hanya perlu membawa foto copy KTP atau BPJS, dengan ketentuan tidak dalam kondisi hamil, belum menopose dan tidak berhubungan seksual 24 jam sebelum waktu pemeriksaan.

“Ayo manfaatkan layanan ini, di seluruh Puskesmas yang ada. Ini untuk mencegah kanker leher rahim bagi semua Wanita usia subur, yakni 30-50 tahun yang telah menikah atau aktif secara seksual. Terkait jadwal pelayanan, masyarakat tinggal daftar dan cek jadwalnya di masing-masing puskesmas yang ingin dituju,” katanya.

Sementara itu, diseluruh Puskesmas di Kota Tangerang juga memiliki layanan Pemeriksaan Payudara Secara Klinis (Sadanis). Ini merupakan pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk mendeteksi dini keberadaan potensi kanker payudara.

“Sehingga, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sedini mungkin petugas kesehatan dapat melakukan penanganan jika dibutuhkan secara dini, sebelum kanker naik pada stadium akhir. Dengan itu, ayo wanita Kota Tangerang untuk tidak malu melakukan Iva Test atau Sadanis yang disediakan diseluruh puskesmas. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” tegas dr Dini.(bun)



Kota Tangearng Iva Test

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!