Jumat, 12 Mei 2023 17:44 WIB | Dibaca : 573
Pelatihan Kerja Gratis dengan Si Praja Kota Tangerang, Simak Persyaratan dan Jenisnya
Pelatihan Kerja Gratis dengan Si Praja Kota Tangerang, Simak Persyaratan dan Jenisnya
Pelatihan Kerja Gratis dengan Si Praja Kota Tangerang, Simak Persyaratan dan Jenisnya

Sejak Februari lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah meluncurkan program Mobile Training Unit Pelatihan Praktek Kerja (MTU Si Praja).

Diketahui, Si Praja merupakan pengembangan pelatihan yang sebelumnya berbasis di satu tempat, seperti Balai Latihan Kerja (BLK) tiap kecamatan atau kelurahan. Kini melalui Si Praja bisa menjaring komunitas lebih luas, fleksibel, dan efesien dengan sistem jemput bola atau ke pemukiman warga.

Kepala Disnaker, Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengungkapkan untuk mendapat pelatihan praktik kerja gratis ini, prosesnya tidak rumit. Yakni, komunitas atau kecamatan tinggal melakukan pengajuan permohonan pelatihan kepada pihak Disnaker. Selain itu menyediakan tempat pelatihan, baik itu lapangan, aula, atau apa pun yang terjangkau jarak dan nyaman untuk peserta.

“Ketiga, menyertakan peserta pelatihan dengan maksimal peserta 20 orang. Dilengkapi dengan foto copy KTP Kota Tangerang, foto copy ijazah terakhir dan foto copy buku rekening pribadi wajib rekening pribadi. Ini merupakan berkas yang perlu disiapkan atau dilengkapi para peserta,” jelas Ujang, Jumat (12/5/23).

Ia pun menyatakan, Mobil Si Praja memiliki dua jenis pelatihan, yakni Barista dan Content Creator. Dengan dua unit mobil, untuk waktunya sendiri, pelatihan dalam mekanisme Si Praja ini digelar tiga hari per sekali pelaksanaan. Terkait pelatihan yang dihadirkan, terdapat bidang kompetensi dan bidang kewirausahaan.

“Si Praja ini mengemban misi khusus sebagai upaya Disnaker untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangerang. Tidak hanya itu, melalui Si Praja ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada, serta mampu bersaing dengan relevansi kebutuhan dunia kerja sekarang,” harapnya.(bun)



Kota Tangerang Kerja Pelatihan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!