Kamis, 11 Mei 2023 16:02 WIB | Dibaca : 416
Secara Persentase, Pembentukkan BKK SMK Kota Tangerang Tertinggi di Provinsi Banten
Secara Persentase, Pembentukkan BKK SMK Kota Tangerang Tertinggi di Provinsi Banten

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) sejak 2018 silam telah membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) tingkat SMK. Ini menjadi langkah mutlak Pemkot Tangerang dalam pengurangan angka pengangguran pada lulusan SMK.

Diketahui, BKK merupakan lembaga yang ada di sekolah bermitra bersama Disnaker. Secara pergerakan, yakni sebagai fasilitator dalam menjalin hubungan kerjasama antara BKK SMK Kota Tangerang dengan instansi dunia usaha maupun industri. Selain itu, sebagai pengembangan karir, dan panyalur para siswa atau alumni yang membutuhkan pekerjaan ke dunia industri atau usaha.

Hingga kini, Disnaker telah mencatat BKK di Kota Tangerang sudah terbentuk di 122 SMK dari 130 SMK se-Kota Tangerang, baik swasta maupun negeri. Berdasarkan data Provinsi Banten, secara persentase kepemilikan BKK SMK Kota Tangerang ini, menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kota kabupaten lainnya.

Terlampir data dari Provinsi Banten, kepemilikan BKK SMK Kota Tangerang sudah 93,85 persen atau 122 SMK dari 130 SMK. Disusul Kota Cilegon dengan 88,89 persen atau 24 SMK dari 27 SMK dan urutan ketiga yakni Kabupaten Serang dengan 80,85 persen atau 76 SMK dari 94 SMK.

“Secara persentase Kota Tangerang adalah tertinggi. Namun, perlu juga diketahui Kabupaten Tangerang diposisi keempat secara jumlah bisa dibilang terbanyak karena memiliki 135 SMK dari 120 SMK yang ada, namun secara persentase capaian baru diangka 67,17 persen,” ungkap Ujang Hendra Gunawan, Kamis (11/5/23).

Kata Ujang, lewat angka ini pastinya Pemkot Tangerang tidak berpuas diri, dan akan terus melakukan perluasan kepemilikan BKK di Kota Tangerang. Pasalnya, ditingkat SMK masih ada delapan sekolah yang belum memiliki BKK, dan angka ini harus dikejar secepatnya.

“Tentu ini harus diiringi dengan jumlah perusahaan yang berkerjasama atau MoU dengan BKK Kota Tangerang. Sehingga, tenaga kerjanya ada sasaran penyaluran perusahaannya juga banyak. Harapannya, dapat benar-benar mengentaskan angka pengangguran tingkat SMK di Kota Tangerang,” harap Ujang.

Sebagai informasi, Disnaker juga tengah melakukan kerjasama dengan Universitas di Kota Tangerang dalam program BKK ini. Ditahap awal ini, sudah ada tiga Universitas yang memiliki layanan BKK. Diantaranya, Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan LP3I Sudirman Tangerang.(bun)



Kota Tangerang BKK

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!