Selasa, 11 April 2023 13:31 WIB | Dibaca : 10779
Warga Tangerang Tahu Ini Nggak?, Arti dan Makna Lambang Kota Tangerang

Setiap daerah pasti memiliki lambangnya masing-masing, begitu juga dengan Kota Tangerang yang juga dikenal sebagai kota Akhlakul Karimah atau 1000 industri.

Berdirinya Kota Tangerang tidak lepas dari sejarah perjuangan Kesultanan Banten melawan Kolonialisme Belanda. Nama Tangerang yang menunjuk kepada suatu daerah yang berada di bantaran Sungai Cisadane, yang dahulu dikenal dengan nama Untung Jawa, lahir dari beberapa kejadian pada masa lampau hingga akhirnya resmi disebut Tangerang.

Kalian, warga Kota Tangerang, tahu nggak si, apa bentuk dan arti lambang dari Kota Tangerang ini?

Lambang daerah berbentuk perisai dengan warna hijau Motto Bhakti Karya Adhi Kertaraharja, artinya adalah Semangat Pengabdian dalam Bentuk Karya Pembangunan untuk kebesaran negeri dan kemakmuran serta kesejahteraan wilayah.

1. Roda mesin, melambangkan bahwa Kotamadya Daerah tingkat II Tangerang adalah merupakan roda industri.

2. Bintang, melambangkan keagamaan melambangkan pula bahwa masyarakat Kotamadya Dati II Tangerang adalah agamis.

3. Landasan Pacu (Runway), melambangkan adsnya Bandara Internasional Soekarno Hatta yang sekaligus melambangkan semangat pacu untuk mencapai cita-cita pembangunan yang luhur sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negeri RI.

4. Riak Air, melambangkan adanya Sungai Cisadane yang memberikan manfaat dan kesuburan bagi masyarakat Kotamadya Daerah Tingkat II Tangerang.

5. Gerigi Roda Besi, Padi dan Kapas, melamvangkan tanggal, bulan dan tahun Proklamasi Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 dengan penjelasan sebagai berikut.

6. Tujuh belas gerigi roda besi melambangkan tanggal 17. Delapan bunga kapas melambangkan bulan delapan, 45 butir padi melambangkan tahun empat lima, dua lingkaran di dalam roda besi melambangkan tahun lahirnya Kotamadya Daerah tingkat II Tangerang pada bulam Februari.

7. Jumlah Gelombang, melambangkan tanggal, bulan dan tahun Hari Jadi Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Tangerang yaitu pada tanggal 28 Februari 1993.

8. 28 gelombang Riak Air, melambangkan tanggal 28 yaitu tanggal lahirnya Kota Tangerang.

9. Tanda Batas Landasan dan Lampu Landasan, melambangkan sembilan tanda batas di dalam runway segi tiga lampu landasan melambangkan tahun 93.

10. Dua Buah Lingkaran dalam Roda Mesin, dua buah lingkaran dalam roda mesin melambangkan bulan dua.


Sedangkan arti warna dalam lambang daerah Kota Tangerang adalah;

1. Warna Hijau mempunyai arti kemakmuran dan kesuburan
2. Warna Kuning mempunyai arti keadilan, kekuasaan, kewibawaan, dan keagungan.
3. Warna Hitam mempunyau arti keteguhan dan ketabahan
4. Warna Putih mempumyai arti kesucian dan kebersihan
5. Warna Merah mempunyai arti keberanian



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!