Senin, 10 April 2023 10:46 WIB | Dibaca : 453
Jangan Langsung Merokok saat Buka Puasa, Warga Tangerang Harus Tahu Bahayanya
Jangan Langsung Merokok saat Buka Puasa, Warga Tangerang Harus Tahu Bahayanya

Sebagian besar, orang mengonsumsi air putih dan kurma sebagai menu berbuka puasa pertama kali. Kemudian, dilanjut dengan makanan berat satu jam setelah salat magrib. Namun, sedikit berbeda bagi pecandu rokok, mereka mungkin langsung menghirup zat berbahaya tersebut saat berbuka, karena dirasa mulut sudah ‘asam.

Padahal, dalam kondisi perut kosong dan belum makan-minum apa pun, kebiasaan ini ternyata memiliki risiko kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan merokok dalam keadaan perut kosong tanpa nutrisi sama dengan memasukkan zat-zat beracun ke dalamnya untuk pertama kali.

“Menghirup asap rokok menimbulkan iritasi saluran pernapasan dan menimbulkan batuk. Efek nikotin dari rokok langsung sampai ke otak. Dalam waktu singkat, jumlah nikotin yang berlebih menimbulkan efek mual dan sakit kepala. Hal ini Karena karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok mengikat hemoglobin darah 300 kali lebih kuat daripada oksigen,” papar dr Dini, Senin (10/4/23).

Ia pun menyatakan, merokok saat berbuka tidak hanya menyerang sistem pernapasan, tetapi juga pencernaan. "Saat perut kosong, rokok 'kan efeknya salah satunya ke lambung, jadi dia akan mengalami gastritis atau peradangan lambung kalau dia merokok," jelasnya.

Ia pun menyarankan untuk melakukan aktivitas lain agar pikiran tidak tertuju pada keinginan merokok. “Aktivitas tersebut misalnya berolahraga untuk menciptakan dopamin sehingga selalu bahagia atau mengaji,” imbau dr Dini.



Kota Tangerang Rokok Ramadan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!