Senin, 27 Maret 2023 11:12 WIB | Dibaca : 511
Ini Bahaya Puasa Tanpa Sahur yang Wajib Diketahui Warga Kota Tangerang
Ini Bahaya Puasa Tanpa Sahur yang Wajib Diketahui Warga Kota Tangerang
Ini Bahaya Puasa Tanpa Sahur yang Wajib Diketahui Warga Kota Tangerang

Banyak orang yang menganggap jika mereka mampu menjalani ibadah puasa tanpa makan sahur. Namun, tahukah kamu jika kebiasaan ini bisa berisiko berbagai gangguan kesehatan. Dengan makan sahur, akan melancarkan kegiatan ibadah kamu dari awal hingga berbuka nanti. Selain itu, makan sahur akan membuat tubuh tetap semangat kerja karena tubuh masih memiliki fokus yang tinggi. Nah, ketahui ini bahaya menjalani puasa tanpa sahur.

1. Dehidrasi
Selain dari air, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air. dengan begitu, puasa kamu akan lancar dan terhindari dari dehidrasi.

2. Menurunnya Keseimbangan Tubuh
Tidak makan sahur otomatis akan membuat keseimbangan tubuh kamu menurun. Nah, keseimbangan yang menurun ini, biasanya disebabkan oleh munculnya vertigo akibat sakit kepala yang amat parah.

3. Kelelahan
Ketika kamu tidak mengonsumsi makanan yang cukup untuk tubuh, kondisi ini bisa menyebabkan kamu mengalami kelelahan. Hal ini terjadi akibat tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik.

4. Pusing
Saat tubuh mengalami lapar, kerja organ akan menurun. Selain itu, tubuh juga berusaha untuk mencukupi kebutuhan energi dengan membakar lemak secara perlahan-lahan. Nah, kondisi ini akan menyebabkan rasa pusing dan pastinya mengganggu harimu. Dengan begitu, konsentrasi kamu akan menurun dan produktivitas kamu saat puasa akan menurun.

5. Sakit Perut
Saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan dari makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam setiap harinya. Nah, otomatis saat siang hari tubuh akan terasa lapar dan perih, karena produksi asam lambung yang tinggi. Jika kamu menjalani puasa tanpa makan sahur, otomatis akan membuat produksi akan lambung kamu berlebihan.

Kondisi ini yang dinamakan maag, bahkan parahnya kamu bisa saja mengalami penyakit GERD. Penyakit Gerd sendiri merupakan asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan. Kondisi ini disebabkan oleh otot di tenggorokan yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga melukai kerongkongan.(k)



Kota Tangerang Ramadan Tips Kesehatan Sahur

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!