Selasa, 28 Februari 2023 11:02 WIB | Dibaca : 393
Bangga! Aplikasi Kota Tangerang Telah Direplikasi 40 Daerah di Indonesia
Bangga! Aplikasi Kota Tangerang Telah Direplikasi 40 Daerah di Indonesia
Bangga! Aplikasi Kota Tangerang Telah Direplikasi 40 Daerah di Indonesia

Tahun ke tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menyempurnakan program Kota Pintar atau Smart City dengan mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk semakin berinovasi dalam memberikan pelayanan publik berbasis digitalisasi.

Hal ini, tentu untuk mengoptimalkan penerapan program Smart City. Sehingga bukan hanya soal pemanfaatan digitalisasi dalam mempermudah pelayanan publik, tetapi juga terobosan lain yang memberikan dampak bagi masyarakat.

Diketahui, Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 211 aplikasi. Selain itu, memiliki super aplikasi Tangerang LIVE, super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 32 menu, yang saat ini telah didownload sebanyak 985.002 pengguna.

Lewat aplikasi Tangerang LIVE, pelayanan publik di Kota Tangerang hingga saat sudah dalam satu genggaman. Mulai dari dari Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, daftar harga bahan pokok di pasar dan kumpulan berita terkait Kota Tangerang. Atas terobosan ini, tercatat sudah 40 daerah mereplikasi aplikasi milik Kota Tangerang, baik provinsi, kabupaten, hingga berbagai kota di Indonesia.

“Dalam hal ini, Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan peluang kepada siapa pun yang ingin mereplikasi aplikasi Kota Tangerang tanpa dipungut biasa sedikit pun. Semua diberikan secara gratis hingga pembinaan dan pendampingan, karena prinsipnya ialah dari Tangerang untuk Indonesia,” ungkap Indri Astuti, Kepala Diskominfo.

Ia pun menyatakan, Kota Tangerang adalah kota pertama di Indonesia yang telah melaksanakan penganugerahan Satu Data Satu Peta tingkat kota, untuk mendukung percepatan dan perwujudan Tangerang Satu Data Satu Peta. Selanjutnya, penganugerahan ini mampu mendorong adanya regulasi, manajemen pengelolaan, SDM, teknologi, dan standar data yang sama.

“Disisi lain, Kota Tangerang juga menjadi satu-satunya Pemerintah Kota di Pulau Jawa, yang telah memenangkan Bhumandala Ariti pada Bhumandala Award tingkat Nasional 2022 kemarin. Penghargaan ini diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada kategori Simpul Jaringan Informasi Geospasial Terbaik di kelompok Kota,” katanya.



Kota Tangerang Smart City Smart Governance

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!