Selasa, 21 Februari 2023 13:53 WIB | Dibaca : 374
BIG Akui Data Geospasial Kota Tangerang Kian Maju
BIG Akui Data Geospasial Kota Tangerang Kian Maju
BIG Akui Data Geospasial Kota Tangerang Kian Maju

Terus berkelanjutan dalam pemaksimalan Simpul Jaringan Informasi Geospasial di Kota Tangerang. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali menerima kunjungan kerja dari Badan Informasi Geospasial (BIG), di Ruang Tangerang Live Room (TLR), Puspem Kota Tangerang, Selasa (21/2/23).

BIG datang melalui Divisi Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG), dikomandoi dengan Muhammad Hasannudin Yusa selaku Pranata Komputer Muda BIG dan diterima langsung Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti beserta jajaran Bidang Statistik dan Pemberdayaan TIK.

Yusa mengungkapkan, dalam kunjungan ini BIG memberikan sosialisasi dan edukasi ke tim Diskominfo Kota Tangerang terkait upgrade Sistem Informasi Katalog Metadata Berbasis Geospasial (SIKAMBING) dari versi 1.0 menjadi 1.1, milik BIG yang telah terkoneksi dengan Geospasial Kota Tangerang.

"Kota Tangerang menjadi yang pertama BIG edukasi terkait versi terbaru SIKAMBING. Ini karena kita melihat geospasial Kota Tangerang cukup lengkap, baik data vektor maupun raster. Jika dilihat geoportalnya cukup lengkap dibanding daerah lainnya, jadi bisa dibilang geospasial Kota Tangerang cukup maju, BIG pun terus antusias melakukan bimbingan berkelanjutannya," ungkap Yusa.

Ia pun menyatakan, dalam kunjungan kerja ini BIG dengan Diskominfo Kota Tangerang juga melakukan penandatangan serah terima SIKAMBING dari BIG ke Kota Tangerang secara administratif.

"Setelah ini, dengan SIKAMBING bersi baru Maret mendatang BIG akan melakukan pelatihan atau Training of Trainer (TOT) untuk Kota Tangerang. Sehingga pengolahan satu data dengan SIKAMBING bisa lebih maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan Satu Data Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Subkoor Survei dan Akuisisi Data, Diskominfo, Kota Tangerang, Iffi Nur Mukhlishotin mengungkapkan dengan SIKAMBING versi lama yaitu 1.0, Kota Tangerang telah membangun 105 meta data. Kini menyambut baik SIKAMBING versi terbaru, terlebih Kota Tangerang menjadi kota pertama mendapat upgrade versi terbaru.

"Kita menyambut baik, bimbingan lanjutan dari BIG dengan TOT yang akan berlangsung Maret mendatang. Harapannya, dengan semua data geospasial yang sudah diproduksi Kota Tangerang dapat terus termeta datakan dan bisa terintegrasikan ke BIG maupun Satu Data Indonesia," jelas Iffi.(bun)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!