Jumat, 24 September 2021 16:14 WIB | Dibaca : 231
Capaian Vaksinasi Lansia Kota Tangerang Melebih Target Kemenkes
Capaian Vaksinasi Lansia Kota Tangerang Melebih Target Kemenkes

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mendorong dan menargetkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk vaksinasi lansia mencapai 60 persen pada dosis pertama. Data terkini, capaian vaksinasi kategori lansia di Kota Tangerang pun sudah melebihi target tersebut. Tercatat dosis satu sudah 77.578 lansia pada dosis satu atau 74 persen dan 60.209 lansia pada dosis dua atau 57,4 persen dari target sasaran 104.881 lansia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan vaksinasi lansia untuk angka 60 persen sudah tercapai sejak 17 Agustus lalu dengan 64.672 lansia atau 61,7 persen. Sedangkan untuk angka 70 persen sudah tercatat sejak 14 September.

“Capaian ini terus kekejar melalui program Bulan Vaksinasi Tangerang, yang mendekatkan sasaran dengan centra vaksinasi massal di tingkat RW. Sehingga, para lansia dan pendamping tidak perlu jauh-jauh, repot-repot untuk menjangkau lokasi centra vaksinasi massal,” ungkap dr Dini, Jumat (24/9/21).

Lanjutnya, untuk kategori lansia Dinkes juga menggelar vaksinasi secara door to door sejak Maret lalu. Pasalnya, kata dr Dini Pemkot Tangerang cukup konsen terhadap capaian vaksinasi lansia, sehingga berbagai cara dan kemudahan untuk lansia dilakukan.

“Karena memang, kelompok ini adalah priositas program vaksinasi nasional begitu juga Pemkot Tangerang. Karena lansia rentan dan beresiko tinggi terinveksi virus corona. Terlebih, potensi kematian pada lansia saat terpapar covid-19 juga cukup tinggi. Maka harapannya, dengan cakupan vaksinasi covid-19 lansia yang terpenuhi, dapat mengurangi potensi gejala parah,” katanya.

Kata dr Dini, pada pelaksanaan vaksinasi lansia support system sangatlah penting, yang dimulai dari anggota keluarga atau pendamping terdekat. Memberikan pemahaman bahwa pentingnya vaksinasi bagi mereka para lansia. Serta vaksinasi covid-19 aman atau tidak berbahaya.

“Dengan itu, dalam pelaksanaannya jajaran Puskesmas lebih melakukan pendekatan ke keluarga atau pendampingnya. Sehingga, para lansia lebih terbuka, yakin dan akhirnya mau mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

dr Dini pun menuturkan, walau capaian vaksinasi lansia di Kota Tangerang sudah melebihi target yang ditetapkan Kemenkes. “Pemkot Tangerang akan terus mencari atau menjaring ditingkat RT – RW lansia mana yang belum mendapat vaksinasi. Sehingga, capaian vaksin lansia bisa tercatat hingga 100 persen,” tutupnya.



Kota Tangerang vaksin lansia

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!