Kamis, 15 April 2021 14:24 WIB | Dibaca : 244
Selama Ramadan, PMI Kota Tangerang Galang Donor Darah di Masjid
Selama Ramadan, PMI Kota Tangerang Galang Donor Darah di Masjid

Tidak menyurutkan antusias donor darah di tengah bulan Ramadan 1442 Hijriah. PMI Kota Tangerang akan menggelar donor darah road to Masjid sebulan penuh. Ditujukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama Ramadan.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Djumansah mengugkapkan untuk menjalani program ini, PMI menurunkan lima tim setiap harinya. Seluruh tim akan menyebar ke berbagai Masjid di Kota Tangerang, secara bergantian, usai berlangsungnya salat tarawih.

“Selama Ramadan, PMI akan mendatangi Masjid atau tempat umum lainnya. Seluruh petugas yang kami kerahkan, akan mengajak jamaah untuk berdonor darah. Karena, tidak bisa dipungkiri, selama Ramadan kekurangan stok darah pasti terjadi, lantaran minimnya pendonor,” ungkap Oman, Kamis (15/4/21).

Kata Oman, selama Ramadan penurunan pendonor bisa mencapai 70 persen. Sedangkan untuk saat ini, stok darah di PMI Kota Tangerang hanya ada 4000 kantong darah. Stok darah selama Ramadan pun, ditargetkan mencapai 10.000 kantong darah.

"Kita akan menggunakan sistem Opor, yaitu satu orang pendonor mengajak satu orang lagi dan seterusnya. Cara tersebut, optimis bisa menyediakan stock darah. Karena, selama Ramadan permintaan darah juga pasti akan tinggi," paparnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI juga terus menyediakan donor Plasma Konvalesen. Donor ini, di khususkan bagi masyarakat yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan yang akan diambil plasmanya untuk penawar pasien yang masih terpapar virus corona.

"Untuk plasma Konvalesen, di khususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah lima minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilahkan untuk melakukan donor plasma Konvalesen,"tutupnya.



PMI Ramadan Donor Kesehatan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!