Rabu, 2 Desember 2020 07:55 WIB | Dibaca : 877
Upaya Preventif, Pemkot Deteksi Dini HIV AIDS
Upaya Preventif, Pemkot Deteksi Dini HIV AIDS
Upaya Preventif, Pemkot Deteksi Dini HIV AIDS
Upaya Preventif, Pemkot Deteksi Dini HIV AIDS

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, Pemkot Tangerang melalui Dinas Kota Tangerang menggelar Pendeteksian Dini Penyakit HIV yang dilakukan secara serentak di 73 puskesmas yang ada di 13 kecamatan, pada Selasa, 1 Desember 2020.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Liza Puspadewi, yang ditemui saat sedang memantau langsung pendeteksian di Puskesmas Karawaci Baru, mengatakan, kegiatan ini melibatkan komunitas dari Orang Dengan HIV AIDS atau ODHA yang ada di Kota Tangerang, serta ibu hamil yang bertujuan melakukan pendeteksian sedini mungkin.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin pengidap ODHA, agar selanjutnya bisa langsung diobati dan angka kematiannya menurun," ujarnya di Puskesmas Karawaci Baru, Selasa (01/12).

Salah satu ODHA, Bejo, mengatakan, jangan ada lagi stigma buruk tentang penderita AIDS. Namun, dukunganlah yang menjadi peningkatan moril bagi ODHA. Menurutnya, sejauh ini, Pemerintah Kota Tangerang sudah sangat baik dalam memfasilitasi ODHA.

"Kami sangat sedih dan drop sekali jika masih ada masyarakat yang mengucilkan kami. Kami hanya butuh support untuk dapat terus bekerja dan berkarya," pungkasnya.

Selain itu, meski tidak ada ODHA di wilayah Gembor, Kecamatan Periuk, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat juga tetap melakukan pendeteksian dini yang dilakukan di Puskesmas Gembor dengan melibatkan 20 ibu hamil.

"Walaupun tidak terdapat ODHA, tapi kami terus berupaya melakukan deteksi dini agar tidak ada kasus berulang bermunculan. Utamanya kita lakukan deteksi kepada orang-orang yang berpotensi, seperti ibu hamil dan pengidap TBC," ungkap Kepala Puskesmas Gembor, Andi Hidayat.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga menargetkan, dalam 10 tahun ke depan, tidak ada lagi kasus penularan HIV AIDS dari ibu ke anak, melalui program pendeteksian dini HIV AIDS yang dilakukan kepada ibu hamil.



AIDS Pelayanan Kesehatan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!