Sabtu, 26 Oktober 2019 20:19 WIB
Produksi Robot Dari Sampah

Banyak cara untuk memanfaatkan sampah anorganik yang tidak terpakai. Salah satunya, seperti yang dilakukan Hendi Efendi (24) dan Nata Nagara (20) asal Lingkungan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci. Dua pemuda yang berhasil memproduksi berbagai karakter robot dari barang-barang tak terpakai. 

Menciptakan robot yang mempunyai nilai ekonomis ini, Hendi dan Nata membutuhkan botol plastik, tutup botol, tutup pulpen, dan berbagai barang elektronik yang sudah rusak dan tidak terpakai. 

"Waktu pembuatan satu robot biasanya satu hari, kalau ada pesanan, kami baru produksi. Diluar itu, biasanya hanya diwaktu-waktu kita lagi kumpul bareng aja. Ada yang pesan kami jual Rp20 ribu hingga Rp100 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan," kata Hendi Efendi, Sabtu (26/10/19).

Untuk bahan pembuatan robot, Hendi, melakukan Gerakan Pungut Sampah setiap malam setelah salat isya di sekitar tempat tinggalnya yakni di Lingkungan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci. 

Sementara itu, Nata Nagara, mengaku sejauh ini ia dan rekannya lebih mengedepankan edukasi untuk memilah dan memanfaatkan sampah. Kata dia, jika ada sampah plastik jangan langsung dibuang, barangkali bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!