Rabu, 7 Agustus 2019 21:44 WIB
Puskesmas Karang Tengah Gandeng PMI Latih Dokter Kecil

Puskesmas Karang Tengah bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang menggelar pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Karang Tengah.

"Pelatihan dokter kecil ini, salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah," kata Dias Kapita Jayanti, selaku Fasilitator PMI Kota Tangerang.

Dijelaskannya, dalam kegiatan yang digelar di Puskesmas Karang Tengah itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

"Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta  minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah," ucap Dias.

Kordinator Puskesmas Karang Tengah, dr. Rita Dianaratih, mengatakan, tujuan pelatihan Dokcil agar peserta dapat melakukan pertolongan pertama.

Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Untuk itu, tidak hanya diberikan materi secara teori, dalam kesempatan tersebut PMI juga mengajak para peserta untuk melakukan praktek cara menggunakan masker, sarung tangan, pengangkatan korban dan menutup luka dengan benar.

"Jadi, pelatihan ini sekaligus memberikan praktek sehingga dapat langsung diterapkan di rumah maupun disosialisasikan kepada yang lainnya," ujarnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!