Kamis, 16 Agustus 2018 00:00 WIB | Dibaca : 416
Komunitas Taman Potret Berbagi Ilmu Fotografi
Komunitas Taman Potret Berbagi Ilmu Fotografi
Komunitas Taman Potret Berbagi Ilmu Fotografi
Komunitas Taman Potret Berbagi Ilmu Fotografi

Dunia fotografi tidak ada matinya. Setiap tahun peminatnya terus bertambah dari mulai usia remaja hingga orang dewasa. Melihat hal tersebut, Komunitas Taman Potret (Kotret) yang telah berdiri tiga tahun ini menggelar diskusi fotografi di Tangcity mal, Kota Tangerang, Rabu (15/8).

Tema diskusi yang diusung oleh Kotret yakni beauty shot dan foto jurnalistik yang menghadirkan narasumber pewarta foto Faisal R. Syam dan Randi Tri Kurniawan

Dalam fotografi beauty (cantik) kita harus pintar dalam mengatur lampu sehingga tercipta cahaya yang pas sesuai dengan keinginan serta mempercantik si model atau objek, demikian dijelaskan Faisal.

"Salah satu contoh saat saya memotret artis Audi. Dia itu kan memiliki face yang chuby, namun dalam foto saya ini, saya buat tata cahaya sedemikian sehingga kelihatan tirus. Disini peran makeup juga bermain," ujarnya.

Lebih jauh Faisal menerangkan bahwa seorang fotografer harus berani dan mampu mengeksplore cahaya sehingga hasilnya akan maksimal.

"Buat adek-adek yang hadir disini gak perlu takut untuk belajar, dari kesalahan kita akan mendapatkan ilmu," imbuhnya.

Sementara itu, Randy Tri Kurniawan yang saat ini bertugas sebagai pewarta foto di Istana kepresidenan menjelaskan kalau fotografi jurnalistik itu kita harus peka dan mampu merekam momen yang ada disekeliling kita.

"Dengan ide kreatif dan kepekaan, kita akan mampu untuk menghasilkan sebuah foto yang menarik. Foto di istana cenderung akan sama, nah disitu kita dituntut untuk jeli dan kreatif," ucap Randy.

Ia memberikan contoh foto hasil karyanya yang memvisualisasikan Presiden Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono saat meminum kopi bersama di Istana. Visual tersebut menggambarkan keakraban, padahal kondisi politik saat itu mereka berdua sedang panas.

"Intinya kita harus mampu berpikir kreatif dan jeli saat melihat objek," terang pria yang tinggal di Kota Tangerang ini.

Melalui diskusi yang dipandu oleh Msrifka Wahyu Hidayat ini, para peserta diharapkan mampu menyerap segala informasi yang disampaikan sehingga dapat menjadi bekal saat dikemudian hari.

Salah seorang peserta, Salsabila mengaku senang dan bangga bisa ikut serta dalam acara diskusi ini.

"Senang bisa ikutan, bisa jadi ilmu tambahan buat saya. Semoga kedepan saya bisa mengembangkan diri lagi," katanya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!