Senin, 23 Oktober 2017 00:00 WIB | Dibaca : 272
Warga Larangan Utara Rasakan Program Cageur Jasa
Warga Larangan Utara Rasakan Program Cageur Jasa
Warga Larangan Utara Rasakan Program Cageur Jasa
Warga Larangan Utara Rasakan Program Cageur Jasa

Melalui Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tangerang saat ini mulai menerapkan pelayanan Cageur Jasa. Program ini tidak hanya memeriksa yang sakit saja tapi yang sehat pun di periksa dan di data apakah punya riwayat penyakit atau tidak. Seperti yang sudah di lakukan oleh Puskesmas Larangan Utara,yang memberikan layanan kesehatan Cageur Jasa kepada warga yang ada di Kelurahan Larangan Utara.

Program ini sendiri sifatnya jemput bola atau mendatangi rumah warga satu per satu dengan menggunakan 2 unit sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan peralatan kesehatan. Pendataannya sendiri langsung dilakukan oleh petugas Puskesmas apakah keluarga tersebut memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), kemudian apakah ada perilaku tidak sehat di dalam lingkungan keluarga. Misalnya ada yang merokok atau tidak,karena kalau ada yang perokok jangka panjang berpotensi dan menimbulkan sakit.

Fuad petugas kesehatan mengatakan pemeriksaan nya sendiri dilakukan satu minggu sekali dengan memeriksakan tensi darah dan pemeriksaan penunjang lainnya.

“Iyah kami memeriksakan warga dengan mendatangi setiap rumah,kalau ada warga yang sakit kami bawa langsung ke Puskesmas,tapi yang sehat juga tetap kami periksa dan kami berikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan bagi setiap lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat,”Kata Fuad

Eti salah satu warga yang di periksa mengatakan sangat menyambut baik dengan adanya program seperti ini buat masyarakat Kota Tangerang.

“Sebelumnya kan ada home care, nah ini lebih canggih lagi, jadi kita diperiksa kesehatannya, sakit atau tidak. Setelah itu, kita diberikan pengetahuan tentang kesehatan dan mencegah penyakit. Jadi, kita bisa kontrol kesehatan kita," Ujar Eti.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!