Rabu, 18 Oktober 2017 00:00 WIB | Dibaca : 455
Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 22 Kota Tangerang Terapkan Supervisi
Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMPN 22 Kota Tangerang Terapkan Supervisi

SMPN 22 Kota Tangerang terus meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang ada di sekolahnya. Hal tersebut terlihat dari diterapkannya Supervisi pada saat guru tengah melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas.

M. Halili, Kepala Sekolah SMPN 22 Kota Tangerang mengatakan setiap selesai menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dirinya selalu melakukan supervisi.

"Jadi ketika guru sedang memberikan materi dikelas, saya datang untuk mengawasi, saya cocokkan antara RPP yang telah disusun dengan pelaksanaannya," ujarnya, Selasa (17/10/2017).

Hal tersebut, lanjut Halili untuk menghindari guru yang hanya menyalin dari guru lain. Pasalnya, hal semacam itu membuat sekolah sulit meningkatkan mutu pendidikan.

"Nanti saya evaluasi, seperti apa guru tersebut mengajar, apakah sudah sesuai, jika belum akan saya bimbing," ujarnya.

Guru yang belum memenuhi standar akan dilakukan pembinaan. Namun, Halili menyebut pembinaan tersebut dilakukan secara personal terlebih dahulu.

"Jadi kita coba cari, apa masalahnya? Kenapa dia bisa seperti itu? Lalu kita ajak diskusi, nanti akan ketemu masalahnya dan kita cari solusinya," ujarnya.

Selain Supervisi, Halili juga mengatakan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolahnya membuka peluang bagi perusahaan untuk mengajak siswanya belajar by doing.

"Misalnya saja, PT Angkasa Pura II pernah mengajak beberapa siswa untuk ikut kedalam Bandara dan mengenalkan bagaimana sistem didalamnya, lalu menyapa penumpang, dan sebagainya, jadi anak bisa juga belajar dari lingkungan," ujarnya.

Dirinya juga selalu mendorong guru untuk memberi pelajaran pada siswa dengan lingkungan. Misalnya saja dalam belajar menggunakan tema.

"Siswa saat ini tidak harus belajar menggunakan metode ceramah, bisa juga melakukan metode tematik seperti ada objek pohon, belajar biologi dan bahasa Indonesia bertema pohon," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan berbagai metode yang telah diterapkan, sekolahnya dapat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tangerang terutama dalam meningkatkan kualitas anak didiknya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!