Rabu, 6 September 2017 00:00 WIB
DPRD Kabupaten Belitung Timur Belajar Smart City ke Kota Tangerang
DPRD Kabupaten Belitung Timur Belajar Smart City ke Kota Tangerang
DPRD Kabupaten Belitung Timur Belajar Smart City ke Kota Tangerang
DPRD Kabupaten Belitung Timur Belajar Smart City ke Kota Tangerang

Aplikasi smart city gagasan Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah kembali mendapat apresiasi. Kali ini DPRD Belitung Timur berkesempatan belajar smart city, khususnya kecanggihan pusat informasi yang ada dalam Tangerang Live Room (TLR).

Rombongan Komisi II DPRD Belitung Timur yang dipimpin oleh Rohalba selaku Wakil Ketua diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo H. Thabrani didampingi Sekretaris Syamsul Bahri dan jajaran di ruang TLR.

Usai berdiskusi, Rohalba mengatakan, pihaknya mengetahui Kota Tangerang adalah sebagai daerah Smart City. Beberapa kali daerah Kabupaten/kota di seluruh Indonesia pusatnya ada di Kota Tangerang.

"Maka itu kita ingin mencari tahu lebih banyak dan melihat langsung penerapannya di Kota Tangerang," kata Rohalba.

Dirinya berharap, di Kabupaten Belitung Timur bisa iterapkan minimal sama atau lebih dari pada Kota Tangerang. Melalui TLR ini, ia melihat bisa membackup semua kegiatan OPD sehingga kinerja Pemda lebih optimal.

"Keluhan masyarakat juga dapat ditanggapi langsung dan tidak butuh lama. Begitu pun pelayanan publik lebih berjalan optimal," jelasnya.

Sebelumnya Bupati dan ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur sudah berkunjung ke Kota Tangerang untuk menandatangi perjanjian kerjasama penerapan smart city yang dimiliki kota Tangerang.

"Beberapa aplikasi yang diadopsi sudah kita terapkan, tapi kita ingin melihat seperti apa dan bagaimana anggaran yang dialirkan untuk IT Kota Tangerang. Kalau tidak tahu, nanti kita tidak bisa bicara banyak, makanya kita harus tau supaya kita bisa menganggarkan dan menerapkan di daerah," paparnya.

Rohalba mengaku kagum dengan apa yang sudah diterapkan di kota Tangerang. Dia sangat berharap daerahnya bisa mewujudkan smart city seperti di kota Tangerang sehingga pariwisata di Belitung Timur juga bisa lebih meningkat lagi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, H. Thabrani menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan komisi II DPRD Belitung Timur yang sudah berkunjung ke Kota Tangerang.

"Sebelumnya memang sudah ada kerjasama dengan Belitung Timur, tadi DPRD komisi II bermaksud ingin melihat langsung apa yang sudah diterapkan disini supaya bisa mewujudkan di daerah asalnya," ujar H. Thabrani.

Pada prinsipnya, H. Thabrani menegaskan, Pemkot Tangerang siap membantu daerah di Indonesia yang ingin mewujudkan penerapan kecanggihan teknologi yang dimiliki Kota Tangerang melalui perjanjian kerjasama.

"Tadi mereka juga bertanya soal donasi pengaturan pembangunan menara di kota Tangerang. Kami jelaskan bahwa kewenangan saat ini sudah ada di Dinas PUPR dan kami diskusi banyak soal penataan menara sehingga tidak mengganggu keindahan kota," tandasnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!