Selasa, 29 Agustus 2017 00:00 WIB | Dibaca : 343
Jelang Idul Adha, Harga Komoditas Masih Stabil
Jelang Idul Adha, Harga Komoditas Masih Stabil

Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar di Kota Tangerang terpantau stabil jelang Idul Adha. Persediaan kebutuhan pokok juga diklaim mencukupi untuk sebulan ke depan. Namun persediaan garam masih dirasa kurang.

Direktur PD Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati mengatakam, pasokan kebutuhan pokok masih terpantu aman. Kebutuhan seperti cabai, beras, bawang dan bawamg, kata Titen, masih bertahan di harga minggu lalu. Dia menyebut garam belum mengalami penurunan harga karena gagal panen petani garam "Masih agak sulit didapat, tapi kalau di Kota Tangerang aman, menjelang Idul Adha terkendali," jelasnya.

Kelangkaan garam teresbut, kata Rien, sejauh ini masih mampu ditangani pihaknya. Dia mengatakan, meski tidak tersedia di sejumlah toko pasokan garam masih aman. Harga garam di sejumlah pasar terpantau Rp 3 ribu perkemasan untuk garam halus, sementara garam bata Rp 17 ribu. Harga tersebut tidak mengalami perubahan dari minggu lalu. "Garamnya sendiri agak langka, karena kemarin-kemarin panennya gagal karena kena hujan. pedagang kesulitan dapat garam jadi stok untuk satu hari saja. Tapi enggak sampai hilang banget," terangnya.

Sementara, harga cabai di Pasar Induk Tanah Tinggi terpantau stabil pada Senin (28/8). Cabai rawit merah bertahan di kisaran harga termahal Rp 12 ribu. Di tingkat pengecer, cabai tersebut dihargai Rp 23 ribu. Tak jauh berbeda, cabai rawit hijau dihargai Rp 11 ribu per Kilogram, di pengecer dihargai Rp 22 Ribu . Sedangkan cabai rawit biasa di kisaran harga Rp 20 hingga 25 ribu per Kilogram.

Terjadi penurunan permintaan cabai menjelang Idul Adha tahun ini. Salah seorang pedagang di Pasar Induk Tanah Tinggi, Cecep mengatakan, penurunan permintaan cabai mencapai 30 persen di banding tahun lalu. Dia memprediksi, harga cabai belum akan mengalami perubahan sampai di pertengahan musim kering.

"Mungkin agak terganggu nanti antara bulan 11 baru ada kenaikan, awal-awal kemarau masih normal, sebulan dua bulan lagi mungkin akan ada kenaikan. Stok masih banyak, jangka satu bulan masih aman," ujar Cecep.

Selain garam dan cabai, komoditas seperti bawang dan beras juga terpantau stabil. Dilansir dari aplikasi Tangerang LIVE, harga beras IR 1 terpantau di Rp 11 ribu per Kilogram, sementara IR 2 Rp 10 ribu. Bawang merah bertahan di harga Rp 29 ribu sejak minggu lalu. Begitu juga bawang putih di harga Rp 31. 500.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!