Selasa, 25 Juli 2017 00:00 WIB | Dibaca : 647
PMI Kecamatan Benda Selenggarakan Dorling
PMI Kecamatan Benda Selenggarakan Dorling
PMI Kecamatan Benda Selenggarakan Dorling

Palang Merah Indonesia (PMI) Ranting Kecamatan Benda akan menyelenggarakan DORLING (Donor Darah Keliling) di 5 Kelurahan yang berada di Kec. Benda, diantaranya Kelurahan Belendung, Benda, Pajang, Jurumudi dan Jurumudi Baru.

Pelaksanaan DORLING tingkat kecamatan ini merupakan yang kali pertama ada di kota Tangerang, bahkan bisa jadi di provinsi Banten. Pelaksanaannya akan dimulai pada 7 Agustus 2017 hingga 11 September 2017, setiap hari senin dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Hasbullah, S. Pd, Ketua PMI Kecamatan Benda menjelaskan maksud dan tujuannya diselenggarakannya donor darah keliling ini adalah untuk mendekatkan PMI kepada masyarakat dalam bidang pelayanan donor darah sekaligus mengajak masyarakat Benda untuk mendukung program pemerintah dalam pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan.

"Program ini diselenggarakan untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, melahirkan, dan nifas.

Selain itu, diharapakan dapat meningkatkan peran masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. Karena ketersediaan darah sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya," terangnya, Selasa (24/7).

Selain itu pihaknya menghimbau kepada aparatur pemerintah khususnya yang bekerja dikecamatan dan kelurahan, agar dapat memberikan teladan kepada masyarakat dengan menjadikan donor darah bukan lagi sebuah kegiatan sosial tapi menjadikan bagian dari gaya hidup. Sehingga aksi donor darah sukarela tidak hanya dilaksanakan pada acara-acara khusus saja, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat secara rutin.

Lebih jauh Hasbullah menuturkan, tak kalah pentingnya peran setiap orang untuk membantu orang lain dalam situasi darurat dengan memberikan darahnya dan pentingnya memberikan darah secara teratur, sehingga persediaan darah tercukupi sebelum keadaan darurat terjadi.

Kehiatan Dorling ini dilaksanakan menggunakan Bis dengan estimasi jumlah calon pendonor per kelurahan antara 30 hingga 50 orang. Dorling ini akan terus berulang setiap 61 hari atau 2 bulan sekali.

Sebagai informasi, kegiatan Dorling ini terselenggara berkat dukungan penuh dari Bapak Teddy Roestendi P. S. Sos selaku Camat Benda dan Lurah se-Kecamatan Benda. Semoga kegiatan Dorling ini menjadi inspirasi bagi PMI Kecamatan lain untuk melakukan hal yang sama.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!